Miliki Leadhership Kuat, Megawati Dianggap PDIP DIY Layak Peroleh Profesor Kehormatan

Megawati Soekarnoputri di Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar Tidak Tetap dari Universitas Pertahanan RI, Jumat 11 Juni 2021. - Tangkapan layar youtube PDI Perjuangan
11 Juni 2021 18:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pengurus dan kader PDI Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengapresiasi atas pengukuhan profesor kehormatan Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik oleh Universitas Pertahanan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Jumat (11/6/2021).

Ketua DPD PDI Perjuangan DIY Nuryadi menyatakan dengan adanya pengukuhan profesor kehormatan tersebut menunjukkan bahwa Megawati diakui sebagai pemimpin politik nasional yang sukses dalam membangun demokratisasi di Indonesia. “Saat menjabat presiden kelima, Ibu Ibu Megawati berhasil menghadapi krisis multi dimensi. Berbagai konflik yang terjadi di Tanah Air juga selesai pada masa pemerintahannya seperti konflik Ambon, Poso dan lainny,” ujar Nuryadi.

Dari sisi demokratisasi, puteri proklamator RI tersebut dianggap berhasil. Hal itu ditunjukkan dengan penyelenggaraan pemilihan legislatif dan presiden secara langsung pada era Presiden Megawati. “Kepemimpinan beliau sudah tidak perlu diragukan lagi. Beliau adalah sosok negarawan yang menjaga tegaknya NKRI dan Pancasila,” kata Nuryadi.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY GM Totok Hedi Santosa menambahkan dedikasi Megawati untuk Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Leadhership saat menjadi kepala negara dan kepala pemerintahan merupakan bukti nyata. Krisis dan konlik sosial yang ada di Indonesia bisa diselesaikan dengan baik saat Megawati menjadi presiden.

Totok memandang Megawati memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luar biasa kepemimpinan strategis dan demokratisasi. Dengan demikian, pengukuhan profesor kehormatan bidang kepemimpinan strategik kepada Megawati sangatlah tepat.

Terlebih lagi jika mendengar pidato Megawati saat pengukuhan professor kehormatan tentang nasionalisme menunjukkan kepemimpinannya benar-benar kuat. “Selain memiliki leadhership yang kuat, kontribusi Ibu Megawati untuk Indonesia sangat besar khususnya dalam membangun demokrasi. Ini dibuktikan banyak universitas di dalam negeri dan luar negeri seperi Jepang, Rusia, China, Korea Selatan yang memberikan gelar doktor honoris causa. Ini bukti kepemimpinan Ibu Megawati sudah diakui oleh masyarakat dunia. Beliau memiliki karakter kepemimpinan sangat kuat,” kata Totok Hedi. (***)