Advertisement

SBMPTN 2021: Cek Tahapan Registrasi Mahasiswa Baru UNY dan UPN Veteran Yogyakarta

M Faisal Nur Ikhsan
Selasa, 15 Juni 2021 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
SBMPTN 2021: Cek Tahapan Registrasi Mahasiswa Baru UNY dan UPN Veteran Yogyakarta Universitas Negeri Yogyakarta. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 akhirnya selesai. Tahapan registrasi mahasiswa baru UNY dan UPN Veteran Yogyakarta wajib dilakukan. 

Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN Yogyakarta) Dr. Mohamad Irhas Effendi mengucapkan selamat kepada peserta SBMPTN 2021.

Advertisement

“Mahasiswa baru patut berbangga karena UPNVY adalah kampus yang memiliki jati diri Bela Negara. Sebuah perguruan tinggi yang didirikan oleh para pejuang veteran karena ingin memberikan sumbangsihnya bagi dunia pendidikan di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan pers, Selasa (14/6/2021). 

Irhas menyebutkan ada 26.769 pendaftar jalur SBMPTN 2021. Program studi dari rumpun Sains dan Teknologi tercatat memiliki 13.443 pendaftar. Sementara itu, rumpun Sosial-Humaniora tercatat memiliki 13.326 pendaftar.

Meskipun jumlah peminat mencapai angka puluhan ribu, namun pada tahun ini UPNVY hanya menerima 1.822 orang mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN 2021.

“Dilihat dari jumlah pendaftar dan yang diterima, hal ini menunjukkan bahwa kuantitas dan kualitas pendaftar yang ingin menjadi mahasiswa UPNVY bisa dibilang terus meningkat,” jelas Irhas.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menerima 2.100 mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN pada tahun ini. Ada 60 program studi yang ditawarkan, dengan perincian 25 program studi dari rumpun Sains dan Teknologi, serta 35 program studi dari rumpun Sosial-Humaniora.

BACA JUGA: Kulonprogo Bisa Punya Kota Mandiri

Pada tahun sebelumnya, 164.897 orang tercatat mengikuti pendaftaran mahasiswa baru UNY. Program studi Manajemen menjadi yang paling banyak diminati dengan 15.475 pendaftar, disusul Ilmu Komunikasi  dengan 10.618 pendaftar.

Mahasiswa baru UNY yang dinyatakan lolos SBMPTN 2021 diwajibkan untuk mengisi data isian sosial ekonomi untuk penentuan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tanggal 15 – 18 Juni 2021. Pengisian dilakukan melalui laman http://ukt.uny.ac.id 

Mahasiswa baru akan dikenakan UKT tertinggi apabila tidak mengisi data sampai batas waktu yang ditentukan. Pengumuman UKT akan dilaksanakan pada 20 Juni 2021 melalui laman yang sama. Sementara itu, pembayaran UKT bagi mahasiswa non-KIP-K (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) akan dilaksanakan pada 21 Juni – 1 Juli 2021.

Mahasiswa baru di UNY juga diharuskan melakukan pendaftaran ulang melalui laman https://registrasi.uny.ac.id pada tanggal 22 Juni – 2 Juli 2021. Beberapa dokumen mesti disiapkan, seperti hasil pindai ijazah atau surat keterangan lulus, Kartu Tanda Penduduk, serta Kartu Keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement