Advertisement

UII Buka Selter Covid-19 Berkapasitas 72 Bed

Lugas Subarkah
Selasa, 15 Juni 2021 - 06:37 WIB
Sunartono
UII Buka Selter Covid-19 Berkapasitas 72 Bed Sekda Sleman, Harda Kiswaya Bersama Rektor UII Fathul Wahuid meninjau selter Rusunawa UII, Senin (14/6/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah.

Advertisement

Harianjogja.com, NGEMPLAK-Mengantisipasi penuhnya selter covid-19 di Sleman, UII bersama Pemkab Sleman dan gerakan Smabatan Jogja (Sonjo) membuka selter baru, yang menggunakan gedung rumah susun mahasiswa (Rusunawa) UII, di kompleks Kampus Terpadu UII.

Rektor UII, Fathul Wahid, menjelaskan selter dengan kapasitas 72 bed ini dapat digunakan mahasiswa UII saat pelaksanaan kuliah luring terbatas maupun masyarakat umum melalui surat oengantar dari puskesmas.

Advertisement

BACA JUGA : Kasus Covid-19 Meningkat Signifikan, Selter Tegalrejo di Jogja Penuh

"Kami bersama pihak terkait berusaha sebaik mungkin menyiapkan selter. Dari UII khususnya kami siapkan sarana-pra sarana, dokter, sumber daya manusia sepeerti cleaning service dan satpam yang telah dilatih oleh Dinas Kesehatan Sleman," ujarnya, Senin (14/6/2021).

Selter ini digunakan untuk isolasi pasien covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala. Jika pasien kemudian timbul gejala sedang atau berat maka akan segera dirujuk ke rumah sakit.

Wakil Dekan Fakultas Kedokteran UII, Nur Aisyah Jamil, mengatakan selama isolasi pasien tidak dipungut biaya. Kebutuhan pasien yang disediakan diantaranya makan tiga kali sehari, vitamin dan obat-obatan yang diperlukan.

"Terima kasih Pemkab Sleman, Dinas Kesehatan Sleman yang suport manajerial, material dan supervisi standar operasional prosedur, BPBD [Badan Penanggulangan Bencana Daerah] Sleman suport disinfeksi dan pengolahan limbah infeksius. Dinas Sosial Sleman suport konsumsi," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo, menjelaskan ide pembentukan selter ini berawal dari adanya klaster lebaran yang ada di Kapanewon Ngemplak. Karena Sleman baru memiliki dua selter di bagian selatan yakni Rusunawa Gemawang dan Asrama Haji, maka perlu dukungan selter tambahan untuk bagian utara.

BACA JUGA : Ini Daftar Kalurahan di Sleman yang Punya Selter Covid-19

Maka dari itu kemudian muncul inspirasi untuk membuat selter yang bertempat di wilayah Kapanewon Ngemplak. Dengan selter baru di UII ini diharapkan dapt memudahkan masyarakat yang berasal dari Kabupaten Sleman bagian utara untuk melakukan isolasi.

“Adanya selter baru ini juga sangat membantu, karena shelter asrama haji sudah terisi 60 persen dan selter Rusunawa Gemawang sudah penuh," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement