Advertisement

Kasus Covid-19 Meningkat Signifikan, Selter Tegalrejo di Jogja Penuh

Sirojul Khafid
Senin, 14 Juni 2021 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Kasus Covid-19 Meningkat Signifikan, Selter Tegalrejo di Jogja Penuh Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Seiring dengan meningkatnya kasus Covid-19 di Jogja, selter orang tanpa gejala (OTG) di Rusunawa Bener, Tegalrejo, penuh terisi pasien. Dari 84 kapasitas yang tersedia, saat ini hanya tersisisa sembilan unit. Meskipun masih tersisi sembilan unit, sudah ada 14 pasien dari puskesmas yang mengantre masuk.

Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, akan ada rapat bersama pihak-pihak terkait, terutama dalam mengantisipasi lonjakan ini. Heroe membenarkan apabila rata-rata pasien yang menjalani perawatan jumlahnya meningkat.

Advertisement

BACA JUGA: 9 Preman Parkir di Bantul Ditangkap Polisi, Ini Modus Mereka

"Semalam memang sudah agak penuh laporannya. Kami coba, habis ini rapat. Kami akan lihat, perkembangan di kota ini bagaimana," kata Heroe, Senin (14/6/2021). 

"Satu soal pertumbuhan Covid-19, karena ada jumlah yang naik. Biasanya, yang dirawat harian itu 300-an, sekarang jadi 400-an. Berarti ada peningkatan cukup siginifikan. Juga, soal ketersediaan ruang perawatan."

Sementara, ruang perawatan yang ada di fasilitas kesehatan, menurut laporan terakhir masih mampu menampung tambahan pasien Covid-19. Namun saat ini ketersediaan selter khusus OTG yang akan Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja perhatikan.

"Sampai semalam ketersediaan tempat tidur, yang ICU itu baru dipakai 77 persen, terus yang non ICU 65 persen. Kami mau rapat, antisipasi bagaimana pertumbuhan sekarang. Kebanyakan memang OTG itu," kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja. 

"Tapi, yang rumah sakit kan kami menampung pasien dari seluruh DIY, bukan dari Kota Jogja saja. Kalau yang selter, itu khusus warga kota."

Apabila lonjakan masih terjadi dalam beberapa hari kedepan, ada kemungkinan Pemkot Jogja akan menambah selter isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19. Namun belum ada kepastian terkait lokasi.

BACA JUGA: Klaster Besar! 275 Karyawan & Penghuni Lapas Narkotika di Sleman Terinfeksi Covid-19

Selain menyediakan selter baru, Heroe juga berupaya menghidupkan lagi selter-selter di wilayah. Kemantren, kelurahan, maupun kampung di Kota Jogja sudah memiliki selter untuk menampung warganya yang tertular dan tidak bergejala.

"Kalau misalnya kasus meningkat, mau tidak mau, kami harus menambah selter. Kami bisa mengembangkan selter-selter wilayah, yang kemarin sempat terhenti karena kasusnya rendah, kita dorong lagi," kata Heroe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement