Sleman Akan Bangun Jogging Track di 17 Kapanewon

Ilustrasi Ruang Terbuka Hijau. - JIBI
15 Juni 2021 11:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemkab Sleman berencana membangun sarana dan prasarana olah raga di masing-masing kapanewon. Untuk tahap pertama akan menyasar tiga kapanewon.

Sekda Sleman Harda Kiswaya mengatakan penyediaan sarana dan prasarana olah rega ini dimulai dari lingkungan Pemkab dengan fasilitas jogging track di seputar lapangan Pemkab. Jogging track untuk kegiatan olah raga masyarakat dengan memakai alat outdoor fitness dan jalan sehat itu akan dibangun di 17 kapanewon.

"Sarana dan prasara olah raga untuk masyarakat ini akan dibangun tiap tahun. Fasilitas ini disediakan untuk sarana dan kegiatan olah raga masyarakat. Agar semua sehat," katanya, Senin (14/6).

Menurut Harda, tahap pertama pembangunan jogging track ini akan dibangun di tiga kapanewon dengan memanfaatkan lapangan yang ada.  Dimulai dari Banyurejo Kapanewon Tempel, Donokerto Kapanewon Turi dan Sidoagung Kapanewon Godean.

Adapun anggaran yang disediakan, lanjut Harda, bervariasi. Hal itu tergantung dari kondisi lapangan yang tersedia. Adapun fasilitas yang disediakan tidak jauh berbeda dengan fasilitas Jogging Track yang berada di lingkungan Pemkab Sleman. Dengan begitu, masyarakat bisa melakukan aktivitas olah raga dengan fasilitas yang memadai.

"Anggarannya antara Rp2 miliar hingga Rp3 miliar, tergantung kondisi lapangan. Jadi lapangan yang ada kemudian kami bangun sarana jogging track dan fasilitas lainnya," ujar Harda.

Harda mengatakan tidak ada target berapa tahun seluruh kapanewon di Sleman memiliki fasilitas Jogging Track ini. "Yang jelas, kalau tahun ini tiga kapanewon dulu, nanti ditambah berapa kapanewon. Menyesuaikan situasi dan kondisi keuangan daerah. Target selesai kalau 17 kapanewon sudah memiliki semua fasilitas Joging Track ini," ujarnya.

Bentuk Tim

Pemkab Sleman sendiri saat ini membentuk Tim Bola Voly menyusul telah dibentuknya Tim Sepak Bola di lingkungan Pemkab Sleman. Pembentukan Tim Bola Voly Pemkab Sleman ini pun diresmikan oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa di GOR Pangukan Sleman.

Menurut Danang, pembentukan tim Pemkab Sleman Volly Ball ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk giat berlatih dan meningkatkan prestasi. Keberadaan tim ini, selain dapat menyalurkan bakat dan hobi juga untuk ajak olah raga ditengah kesibukan bekerja di lingkungan Pemkab.

Pemrakarsa Pembentukan Tim Pemkab Sleman Voly Ball yang juga Wakil Ketua DPRD Sleman Arif Kurniawan menambahkan pembentukan tim ini selain sebagai sarana olah raga juga dapat meraih prestasi yang membanggakan. "Ke delan tim ini bisa mengikuti ajang pertandingan mewakili Pemkab Sleman. Saya dan pak Danang dulu juga mantan pemain Tim Ganefo Sleman," ujarnya.