Ribuan Penyandang Disabilitas Divaksin di Grab Vaccine Center

Ribuan penyandang disabilitas, warga lansia serta pekerja publik sektor pariwisata dan transportasi mendapatkan vaksinasi dalam Grab Vaccine Center Yogyakarta, di GOR UNY, Kamis (17/6). (Harian Jogja - Lugas Subarkah)
18 Juni 2021 07:07 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Ribuan penyandang disabilitas dari wilayah DIY mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Grab Vaccine Center Yogyakarta, GOR UNY, Kamis (17/6). Proses vaksinasi dilengkapi fasilitas ramah penyandang disabilitas seperti penerjemah bahasa isyarat, jalur khusus dan pendamping penyandang disabilitas anak.

Total peserta vaksinasi sebanyak 10.000. Selain penyandang disabilitas, ada juga warga lansia dan pekerja publik sektor pariwisata dan transportasi yang juga divaksinasi.

Program vaksinasi diselenggarakan Grab dan Good Doctor berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan DIY dengan menghadirkan Grab Vaccine Center Yogyakarta, di GOR UNY, yang digelar empat hari yaitu Senin (14/6) sampai Kamis. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi, menjelaskan saat ini pemerintah telah mulai vaksinasi kepada kelompok penyandang disabilitas fisik dan mental secara serentak mulai 2 Juni.

“Kami mengapresiasi Grab dan Good Doctor atas komitmen yang berkelanjutan untuk mendukung Program Vaksinasi Nasional melalui Grab Vaccine Center dengan pendekatan teknologi dan juga ramah bagi penyandang disabilitas dan turut mendukung pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya, Kamis.

Ia mengungkapkan dari 180 juta target vaksinasi di Indonesia, saat ini baru sebanyak 20 juta penduduk yang mendapat vaksinasi dosis pertama dan 11 juta penduduk yang telah mendapat vaksinasi dosis kedua. “Kami harapkan dengan terkovernya semua unsur masyarakat, herd imunnity dapat dicapai,” katanya.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menuturkan Grab Vaccine Center Yogyakarta dapat menjadi contoh yang baik sebagai gerakan kolaboratif dalam menekan dan memutus laju penularan Covid-19 melalui kerja sama lintas sektor.

Meski demikian ia berpesan kepada masyarakat jika vaksinasi bukan akhir dari upaya pencegahan pandemi Covid-19. Walau sudah divaksin, masyarakat tetap harus waspada dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Jangan sampai upaya mencegah pagebluk Covid-19 menjadi kurang bermanfaat hanya karena kita kurang disiplin,” ungkapnya.

Percepatan Program

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan melalui teknologi dan sumber daya yang dimiliki, Grab berupaya mendukung percepatan program vaksinasi di Tanah Air.

“Kami bersyukur tidak hanya dapat melindungi para mitra pengemudi lewat pemberian vaksin, tetapi juga dapat turut mempercepat vaksinasi bagi para penyandang disabilitas,” kata dia.

Dalam kegiatan ini, Grab didukung Danone Indonesia dengan salah satu merek air mineralnya, Aqua, menjadi official hydration drops partner yang menyediakan kebutuhan air minum berkualitas selama program vaksinasi berlangsung; dan juga Dettol sebagai official hygiene partner yang menyediakan produk kebersihan seperti desinfektan dan sanitasi.