Advertisement

Menko Airlangga Apresiasi Keberhasilan Usaha Alumni Program Kartu Prakerja di Jogja

Yosef Leon
Sabtu, 19 Juni 2021 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Menko Airlangga Apresiasi Keberhasilan Usaha Alumni Program Kartu Prakerja di Jogja Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto berdialog dengan alumni Program Kartu Prakerja dalam kunjungan kerjanya ke Kota Jogja, Sabtu (19/6 - 2021)/Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) melakukan kunjungan kerja ke Jogja pada Sabtu (19/6). Dalam kunjungannya, Airlangga menemui alumni Program Kartu Prakerja serta membagikan masker.

Alumni Program Kartu Prakerja yang ditemui Airlangga yakni Abdul Jalal. Dia adalah salah satu alumni Program Kartu Prakerja Gelombang 6. Manfaat dan modal yang didapat dari mengikuti Program Kartu Prakerja digunakan Jalal untuk membangun sebuah usaha kuliner bernama Martabak Move On.

Advertisement

"Saya sangat mengapresiasi Mas Jalal yang melihat Program Kartu Prakerja ini sebagai sebuah peluang untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengolah dan memasarkan produk usahanya," kata Airlangga saat berdialog dengan Jalal di Tegalrejo, Kota Jogja.

Airlangga menyatakan, situasi pandemi yang merubah aktivitas masyarakat untuk lebih mengarah ke sistem digital dimanfaatkan Jalal dengan optimal. Pemasaran yang dilakukannya secara daring terbukti mampu meningkatkan penjualan produknya.

BACA JUGA: Mau Masuk UGM Lewat Ujian Masuk CBT? Persiapkan Hal Ini!

"Situasi pandemi ini membuat aktivitas kita beralih ke digital dan Mas Jalal memanfaatkan situasi ini untuk mulai memasarkan produknya secara digital. Semangat pantang menyerah ini tentu sangat menginspirasi kita
semua," ujar Airlangga.

Jalal mengungkapkan, pengalaman patah hati di masa lalu menjadi motivasi dirinya dan kemudian menamai usahanya dengan merek Martabak Move On. "Sebenarnya yang paling penting dari Program Kartu Prakerja bukan insentifnya, tapi ilmunya. Hanya karena belajar cara mengocok telur dengan benar, sekarang martabak saya jadi lebih enak," kata Jalal.

Sebelum mengikuti Program Kartu Prakerja, Jalal memang sudah menjalankan usaha kuliner. Namun, usaha tersebut belum terlalu berhasil. Merasa membutuhkan tambahan pengetahuan dalam berjualan dan mengolah makanan, Jalal memutuskan untuk mengikuti Program Kartu Prakerja. Pelatihan yang diambil adalah 'Membuat Banana Coco Roll' dan 'Sukses Jual Beli Marketing di Media Sosial.'

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga ikut didampingi oleh Menteri Perindustrian RI, Deputi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kemenko Perekonomian, PMO Program Kartu Prakerja, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BNI dan Rektor Universitas Gadjah Mada memberikan bantuan berupa kompor dan mixer untuk Jalal.

Selain itu, pemilik usaha Martabak Move On tersebut juga mendapatkan Kredit Usaha Rakyat dari Bank BNI. "Keberhasilan Kartu Prakerja sangat bergantung kepada bagaimana penerimanya memanfaatkan pelatihan yang ada. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh penerima Kartu Prakerja agar menggunakan kesempatan ini untuk skilling, upskilling, dan reskilling," pungkas Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement