Objek Wisata Akhir Pekan Kembali Dibuka, Pelaku Wisata di Bantul Bersorak

Sunset run di Pantai Depok, Bantul. - Istimewa/ Dokumen Panitia Sunset Run
29 Juni 2021 13:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Dibukanya kembali objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Bantul yang sebelumnya ditutup pada akhir pekan selama dua pekan terakhir, membuat pelaku wisata di Bantul bersorak. Mereka merasa senang dan lega.

Di sisi lain, adanya penutupan objek wisata di akhir pekan telah berdampak pada penurunan pendapatan asli daerah (PAD) yang diprediksi mencapai Rp400 juta.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Data Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan penutupan objek wisata pada akhir pekan selama dua pekan telah berdampak kepada penurunan PAD dari sektor pariwisata. Adapun besaran penurunan diprediksi selama dua pekan mencapai Rp400 juta.

Markus mencontohkan pada 7-13 Juni lalu, pihaknya mendapatkan pendapatan sekitar Rp403,7 juta. Namun adanya kebijakan penutupan objek wisata di akhir pekan selama dua pekan membuat angka pendapatan turun sekitar 61,9 persen.

“Dikarenakan adanya penutupan destinasi pada akhir pekan. Dengan dibuka kembali, maka minimal pendapatan yang kemarin sempat turun bisa tertutupi,” katanya, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: Meski Terus Melonjak, Covid-19 di DIY Belum Mencapai Puncak Penularan

Sementara, dibukanya kembali objek wisata pada akhir pekan, membuat pemilik warung di Pantai Depok mengaku senang dan tenang. Sebab, sebelumnya, akibat penutupan objek wisata pada akhir pekan secara mendadak membuat mereka mengalami kerugian jutaan rupiah.

“Yang jelas kami senang, objek wisata sudah dibuka kembali. Meski demikian, kami masih belum berani nyetok ikan cukup banyak. Sebab, meski objek wisata dibuka, ada imbauan dari pemerintah untuk di rumah saja, membuat kami harus berpikir ulang untuk nyetok ikan,” kata salah satu pemilik warung makan di Pantai Depok, Dardi Nugroho terpisah.

Ketua Koperasi Wisata Mina Bahari 45 Pantai Depok, Sutarlan berharap kembali dibukanya objek wisata di akhir pekan akan membuat kunjungan wisatawan di Pantai Depok menggeliat. Sebab, diakuinya adanya penutupan objek wisata di akhir pekan sebelumnya telah membuat pedagang mengalami kerugian. “Kami senang, semoga ada peningkatan kunjungan nantinya,” ucapnya.