Komunikasi UNISA Yogyakarta Gelar Workshop Manajemen dan Mekanisme Pelaksanaan MBKM

UNisa Yogyakarta menggelar kegiatan workshop Manajemen dan Mekanisme Pelaksanaan MBKM (28/6/2021). - Ist
30 Juni 2021 13:17 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Sebagai salah satu penerima hibah Kerjasama Kurikulum (KSK) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2021, Program Studi Komunikasi Universitas Aisyiyah Yogyakarta menggelar kegiatan workshop Manajemen dan Mekanisme Pelaksanaan MBKM (28/6/2021).

Tujuan dari kegiatan yaitu penguatan struktur kurikulum yang digunakan untuk Hibah KSK MBKM. Hadir sebagai pemateri dalam kesempatan tersebut yaitu Direktur Pendidikan dan Pengajaran Universitas Gadjah Mada, Sri Peni Wastutiningsih.

Pada momen pembukaan, Ketua Program Studi Komunikasi UNISA Yogyakarta, Ade Putranto mengharapkan dari kegiatan ini prodi dapat merumuskan manajemen dan mekanisme pelaksanaan MBKM Program.

Baca juga: Kekurangan Siswa, Sekolah Boleh Buka Pendaftaran Lagi meski Sudah Ditutup

“Kami terus berusaha untuk merancang panduan Impelmentasi MBKM Program Studi Ilmu Komunikasi UNISA Yogyakarta. Sehingga harapannya pelaksanaan MBKM di Tahun ajaran 2021/2022 dapat berjalan dengan baik” ujar Ade Putranto.

Sri Peni Wastutiningsih dalam paparannya menyampaikan bahwa kebijakan MBKM hadir untuk memfasilitasi mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi mereka. Oleh karenanya ada beberapa hal yang perlu dievaluasi oleh Program Studi untuk menyesuaikan kebijakan Universitas, Fakultas hingga Program Studi dengan kebijakan MBKM.

“Ada banyak hal yang perlu didiskusikan terkait penerapan MBKM ini, mulai dari kebijakan, kurikulum hingga mitra mana saja yang akan diajak berkolaborasi dalam kegiatan ini,” ujar Sri Peni Wastutiningsih.

Tahun ini Program Studi Komunikasi UNISA Yogyakarta menyelenggarakan tiga bentuk kegiatan pembelajaran (BKP) MBKM, di antaranya BKP Magang Praktik Kerja, BKP Wirusaha dan BKP Membangun Desa Kuliah Kerja Nyata Tematik. Selain ketiga BKP tersebut, Prodi Komunikasi UNISA Yogyakarta juga menyediakan kesempatan pertukaran pelajar bagi mahasiswa.