3 Relawan Terpapar, Posko Covid-19 PMI Kulonprogo Disetop Sementara

Ilustrasi. - Freepik
30 Juni 2021 11:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Pasca ditemukan tiga orang terpapar Covid-19, kantor PMI Kabupaten Kulonprogo untuk sementara waktu meniadakan pelayanan, khususnya di posko penanganan Covid-19. Hal tersebut guna mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19 yang semakin meluas.

Ketua PMI Kabupaten Kulonprogo Arif Prastowo mengatakan saat ini seluruh personel PMI Kabupaten Kulonprogo yang bertugas di posko penanganan Covid-19 masuk kategori kontak erat tengah melakukan isolasi mandiri.

"Kami setop sementara pelayanan di kantor PMI Kabupaten Kulonprogo [posko penanganan Covid-19] karena ada tiga relawan yang terpapar Covid-19," kata Arif pada Rabu (30/6/2021).

Tiga relawan yang terpapar Covid-19 saat ini tengah melakukan isolasi mandiri. Sementara 10 personel PMI Kabupaten Kulonprogo yang bertugas di posko penanganan Covid-19 lainnya juga direkomendasikan untuk melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

"10 orang personel PMI Kabupaten Kulonprogo yang merupakan kontak erat sebenarnya telah melakukan swab antigen dengan hasil negatif. Namun, tetap kami minta untuk melakukan isolasi mandiri. Sehingga, pelayanan di kantor sementara waktu dihentikan," kata Arif.

Baca juga: Sempat Ditutup Sebentar, Tim Pemakaman BPBD Sleman Kembali & Makamkan 22 Jenazah

Lebih lanjut, tiga orang personel PMI Kabupaten Kulonprogo yang lebih dulu terpapar Covid-19 merupakan relawan yang bertugas untuk melakukan antar jemput pasien Covid-19 di wilayah Bumi Binangun. Ketiganya bertugas di posko penanganan Covid-19 milik PMI Kabupaten Kulonprogo.

Terkait dengan pelayanan posko penanganan Covid-19 di kantor PMI Kabupaten Kulonprogo, rencananya akan kembali dibuka pasca personelnya yang terpapar Covid-19 sudah selesai menjalankan isolasi mandiri dan dinyatakan sembuh.

"Kalau untuk unit transfusi darah masih kami buka karena personel yang ditugaskan di sini [unit transfusi darah] beda dengan yang di posko. Sementara untuk layanan lain di PMI seperti donor darah tetap buka," kata Arif.

Isolasi Mandiri

Sementara itu, Salah Satu Relawan PMI Kabupaten Kulonprogo Rio Andi Cahyono mengatakan personel PMI Kabupaten Kulonprogo yang bertugas di posko penanganan Covid-19 saat ini tengah menjalani isolasi mandiri.

"Personel yang dinyatakan positif maupun negatif saat ini tengah melakukan isolasi mandiri. Kalau saya isolasi mandiri di Wisma Dharmais bersama enam relawan lainnya. Saya sebenarnya negatif, tapi karena kontak erat ya jadi ikut isolasi, total ada enam relawan yang melakukan isolasi mandiri di wisma Dharmais," kata Rio.

Kemunculan virus Covid-19 di tengah relawan posko penanganan Covid-19 milik PMI Kabupaten Kulonprogo berawal dari satu relawan yang mengeluh sakit. Kemudian, relawan tersebut melakukan uji swab PCR mandiri dengan hasil positif Covid-19.

"Hasilnya yang positif nambah jadi sekarang total ada tiga. Setelah ada yang dinyatakan positif, seluruh personel di posko termasuk saya akhirnya dites swab PCR," kata Rio.