Advertisement

Hari Pertama PPKM Darurat, Kios Pakaian Pasar Beringharjo Masih Buka

Sunartono
Sabtu, 03 Juli 2021 - 17:27 WIB
Budi Cahyana
Hari Pertama PPKM Darurat, Kios Pakaian Pasar Beringharjo Masih Buka Kios pakaian di Pasar Beringharjo, Kota Jogja saat pemberlakuan PPKM Darurat pada Sabtu (3/7/2021). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sejumlah kios yang menjual barang dagangan non-pangan di Pasar Beringharjo masih buka pada penerapan PPKM Darurat hari pertama, Sabtu (3/7/2021). 

Los pakaian di sisi paling barat Pasar Beringharjo selama ini menjadi primadona wisatawan yang ingin berburu pakaian terutama batik. Berdasarkan pantauan Harian Jogja, Sabtu sore, beberapa kios di kawasan ini masih tampak buka, namun sekitar pukul 15.15 WIB para penjaga kios mulai mengemasi barang dagangan mereka meski waktu tutup pada hari normal sampai pukul 16.00 WIB. Meski ada yang buka, tidak sedikit kios di los ini tutup sejak pagi.

Advertisement

BACA JUGA: Polemik Penghargaan untuk "Ikatan Cinta" dari Pemerintah, Pengamat: Lukai Masyarakat

Sejumlah pintu masuk pasar ini tak terbuka di berbagai arah mata angin seperti biasanya. Pintu-pintu kecil di sisi utara dan selatan tampak tertutup. Akses masuk hanya berada di sisi barat sebagai pintu utama dan sisi timur. Kedua pintu tidak dibuka seluruhnya, melainkan hanya separuh. Sementara, kios yang menjual bahan pangan atau berada di sisi timur serta lantai atas secara umum masih berjalan seperti biasa.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi mengakui masih ada beberapa pedagang pakaian di Pasar Beringharjo masih nekat buka pada hari pertama penerapan PPKM Darurat. Namun petugas sudah mengingatkan mereka untuk segera tutup.

"Masih ditemui beberapa pedagang pakaian dan bukan [pedagang] keperluan sehari-hari, yang jualan. Tetapi kemudian mereka menutup juga," kata Heroe, Sabtu (3/7/2021).

Heroe menilai hal itu masih wajar karena kemungkinan masih ada beberapa pedagang yang belum mengetahui aturannya secara detail. Proses sosialisasi terus dilakukan oleh petugas.

"Hari pertama memang masih ada yang belum tahu aturan secara detail. Tetapi kemudian mereka akhirnya patuh dengan ketentuan tersebut," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement