Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkab Bantul Rekrut Sukarelawan Nakes

Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Novrian Arbi
05 Juli 2021 18:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Pemkab Bantul menambah sejumlah sukarelawan kesehatan di berbagai sektor dalam rangka penanggulangan Covid-19 dan percepatan vaksin. Para relawan bakal diusahakan mendapat honor dari dana APBD.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharjo pada Senin (5/7/2021) menuturkan telah melakukan penambahan relawan untuk menambah sumber daya. "Kami mencoba untuk melakukan akselerasi-akselerasi termasuk juga mungkin kita akan mulai melakukan rekrutmen sukarelawan untuk menambah sumber daya," terangnya.

BACA JUGA: Jaga Pasokan, RSUD Saptosari Pinjam Oksigen ke Rumah Sakit Lain

"Termasuk kami juga sudah merekrut untuk [relawan] selter. Kita tambah dokter untuk masing-masing selter kabupaten, yang tadinya enggak ada dokter sekarang sudah ada, karena banyak bergejala," tambahnya.

Tidak hanya tenaga dokter, Agus juga menambah relawan untuk tenaga paramedis dan relawan untuk vaksinator. "Kami juga menambah relawan untuk percepatan vaksinasi. Supaya vaksinasi itu bisa segera kita kejar," terangnya.

Perihal honor, Agus menyebut para relawan bakal digaji melalui dana APBD. "Ya APBD akan menyiapkan itu. Tentu relawan juga harus hidup untuk pelaksanaan pekerjaannya. Ya dia tentu harus ada honornya, kita sesuaikan," pungkasnya.