Advertisement

Ini Lo Keuntungan Beralih ke Televisi Digital

Devi Aristya Putri (M135)
Kamis, 08 Juli 2021 - 11:17 WIB
Bhekti Suryani
Ini Lo Keuntungan Beralih ke Televisi Digital webinar "Tonggak ASO Tahap 1 di Pulau Jawa"-Harian Jogja - Devi Aristya Putri (M135)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Migrasi siaran dari televisi analog ke siaran televisi digital kini tengah marak disosialisasikan. Melalui webinar yang dilakukan melalui zoom meeting yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada Rabu, (7/7/2021) terdapat keuntungan yang akan diperoleh masyarakat.

Melalui webinar dengan tema “Tonggak ASO Tahap 1 di Pulau Jawa” Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyosialisasikan televisi digital. Dalam sosialisasi idipaparkan keuntungan jika beralih dari televisi analog ke televisi digital.

Advertisement

Rachmat Akbari selaku Chief Technology Officer memberikan penjelasan mengenai keuntungan jika beralih ke televisi digital.

Terdapat setidaknya ada empat keuntungan yang akan dinikmati oleh pemirsa televisi digital. Keuntungan yang diperoleh masyarakat yaitu adanya logical channel number, electronic program guide, synopsis program dan kualitas audio menggunakan dolby audio.

Keuntungan pertama yang diperoleh yaitu logical channel number. Dalam siaran televisi digital pemirsa yang telah bermigrasi akan mendapat nomor kanal.

“Di dalam tv digital ada yang disebut logical channel number. Yaitu nomer yang dialokasikan oleh kominfo pada setiap program dan layanan. Nanti nomor kanal yang akan diperoleh pemirsa yang akan akses chanel-chanel yang dinikmati. Jadi kalau ditampilan di tv digital ada namanya logical channel number,” jelas Rachmat.

BACA JUGA: PPKM Darurat: 5 Pasar Tradisional di Kota Jogja Ditutup Sementara

Keuntungan kedua yaitu pemirsa akan mendapatkan electronic program guide. Electronic program guide merupakan sebuah menu yang menampilkan informasi mengenai program yang sedang berjalan atau yang akan datang. Keuntungan ketiga yaitu terdapat synopsis program yang sedang berlangsung.

“Jadi di dalam siaran digital akan melihat program apa yang sedang ditayangkan di channel-channel tertentu pada saat disiarkan ataupun program yang akan disiarkan pada jam berikutnya. Dan system electronic program ini diupdate secara real time dan menyimpan program sampai tujuh hari mendatang. Yang dimungkinkan dengan program guide ini adalah synopsis dibagian kanan bahwa. Selain ada title program dan durasi program, juga ada synopsis dari program,” jelasnya.

Keuntungan keempat yang dapat dinikmati oleh masyarakat yaitu kualitas audio yang lebih baik. Dalam televisi digital menggunakan dolby audio. Penggunaan dolby audio akan membuat pemirsa lebih menikmati program siaran yang ditayangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement