Lengang, Seperti Ini Suasana Jalanan di Bantul Saat PPKM Darurat

Kondisi lalu lintas kendaraan di Bantul pada Minggu (11/7/2021) dalam masa PPKM Darurat yang cenderung lengang. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
12 Juli 2021 08:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Skema penyekatan ruas jalan di beberapa titik tampaknya sukses turunkan mobilitas warga. Akhir pekan ini penurunan mobilitas warga terjadi penurunan drastis.

Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Aris Suharyanta pada Minggu (11/7/2021) menyebutkan penurunan mobilitas warga pada akhir pekan ini mencapai sekitar 50 persen. Capaian ini mendekati target pemerintah yang menyebutkan PPKM Darurat dikatakan berhasil bila penekanan mobilitas di atas 50 persen.

Pantauan Harian Jogja di ruas Jalan Bantul pada Minggu (11/7/2021) menunjukkan kondisi lalu lalang kendaraan yang cukup lelang. Lalu lintas tak ada kemacetan dan cenderung lancar, karena volume kendaraan yang menurun.

Baca juga: Belum Sebulan, Lebih dari 400 Jenazah Warga Sleman Dimakamkan dengan Prokes Covid-19

Sejak pekan lalu, sejumlah ruas jalan di Bantul memang mengalami penyekatan. Beberapa di antaranya Simpang Empat Klodran, Simpang Empat Gose, dan Simpang Lima Bejen, Jalan Parangtritis, dan Jalan Imogiri Barat.

Kendati demikian berdasarkan evaluasi ada perubahan penyekatan. Druwo misalnya yang merupakan simpang empat ringroad Jalan Parangtritis sebelumnya ditutup dua ruas. Kini hanya arah masuk ke Jalan Parangtritis saja yang ditutup. "Druwo sisi selatan yang arah ke Ringroad (samping barat) kita buka Jumat sore," tandasnya.