Advertisement

Mahasiswa Dikerahkan Jadi Relawan Nakes Tangani Covid-19

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 16 Juli 2021 - 06:17 WIB
Sunartono
Mahasiswa Dikerahkan Jadi Relawan Nakes Tangani Covid-19 Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Dekan Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA), M. Ali Imron mengaku telah melakukan pemetaan untuk menerjunkan mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan untuk menjadi relawan tenaga kesehatan (nakes) untuk penanganan Covid-19. Pendataan sejumlah mahasiswa dilakukan secara sukarela menjadi relawan tenaga kesehatan yang membantu beberapa rumah sakit di DIY.

"Kami mengirimkan mahasiswa tingkat akhir yang pastinya telah memiliki skill dan kompetensi sesuai dengan bidangnya masing-masing," kata Ali ketika dihubungi Harianjogja.com pada Kamis (17/7/2021) sore.

Advertisement

BACA JUGA : 200 Mahasiswa di Jogja Dikerahkan Jadi Sukarelawan

Saat ini, ada 28 mahasiswa yang menjadi relawan nakes untuk RSUP Dr. Sardjito dan 9 mahasiswa di RS PKU Muhammadiyah Bantul. Mereka terdiri dari beragam kompetensi, mulai dari keperawatan, teknik radiologi, kebidanan, keperawatan anestesi, dan teknologi laboratorium medis.

Para mahasiswa yang menjadi relawan nakes ini dikategorikan menjalankan praktik lapangan sesuai dengan surat keputusan dari Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan tentang Penghargaan Relawan Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UNISA tertanggal 7 Juli 2021. Kegiatan relawan mahasiswa terkait penanganan Covid-19 ini diakui dan dikonversi sebagai nilai mata kuliah praktik sesuai program studi.

BACA JUGA : Duh...Dalam 2 Hari Sukarelawan di DIY Makamkan 100 Jasa

Adapun mahasiswa yang berminat menjadi relawan dengan sukarela bisa mengajukan diri dengan membuat surat pernyataan dan menyertakan keterangan izin dari orang tua. Saat menjalankan tugas, mereka akan mendapatkan fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja dari rumah sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement