Rutan Pajangan Sembelih Sapi & Kambing

Ilustrasi sapi - JIBI
19 Juli 2021 07:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Bantul memastikan diri memotong satu ekor sapi dan satu ekor kambing pada IdulAdha 1442 hijriah untuk warga binaan, pegawai dan warga sekitar Rutan.

“Jumlah hewan yang akan dipotong ini kemungkinan akan bertambah, karena rencana akan ada kiriman sembilan ekor kambing lagi ke sini,” kata Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Rutan Kelas IIB Bantul, Jaka Cahyana, Minggu (18/7/2021).

BACA JUGA : Rutan Pajangan Setop Terima Tahanan Lagi

Untuk pelaksanaan kurban, Jaka menyatakan akan digelar di lapangan yang terletak di depan masjid rutan.Adapun petugas pelaksana pemotongan hewan kurban, akan dilakukan oleh pegawai dan beberapa Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Dan semua dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jumlahnya petugas juga dibatasi, dan tidak boleh terjadi kerumunan,” lanjut Jaka.

Sementara untuk pelaksanaan Salat IdulAdha, Joko memastikan tetap digelar di masjid yang ada di dalam Rutan Pajangan dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi penularan Covid-19.

“Karena jika dilakukan di dalam rutan akan lebih mudah pengawasannya,” katanya.

BACA JUGA : Razia di Rutan Bantul, Petugas Temukan Tali dan Gambar

Disinggung mengenai remisi Jaka memastikan pada IdulAdha 1442 hijriah kali ini, tidak ada WBP yang mendapatkan remisi. Sebab, remisi hari raya hanya diberikan sekali yakni saat lebaran.

“Kemarin saat lebaran, ada 45 WBP yang mendapatkan remisi, mulai dari 15 hari hingga satu bulan masa hukuman,” jelas Jaka.