Advertisement

Satgas Covid: Ibadah di Rumah untuk Menjaga Agar Semua Tetap Sehat

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 19 Juli 2021 - 09:17 WIB
Sunartono
Satgas Covid: Ibadah di Rumah untuk Menjaga Agar Semua Tetap Sehat Foto Ilustrasi salat. - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, WATES--Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo mengajak masyarakat untuk melaksanakan kegiatan takbiran maupun shalat idul Adha di rumah masing-masing selama diberlakukannya PPKM darurat di wilayah Bumi Binangun. Upaya tersebut diambil untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Fajar Gegana mengatakan imbauan tersebut disampaikannya saat melakukan rapat evaluasi PPKM Darurat di masjid yang digelar secara daring bersama Kakanwil Kemenag DIY pada Sabtu (17/7/2021) lalu.

Advertisement

BACA JUGA : Ini Tips Aman Membeli Hewan Kurban Saat Pandemi Covid

"Ayo takbiran dan shalat Idul Adha di rumah masing-masing bersama keluarga inti. Penyembelihan hewan qurban juga mengikuti edaran Bupati, yaitu di Pelayanan Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R) atau di tempat yang direkomendasi oleh Tim verifikasi kabupaten yakni Dinas Pertanian dan Pangan beserta Kankemenag," kata Fajar pada Sabtu (17/7/2021).

Imbauan untuk melaksanakan kegiatan ibadah takbiran maupun shalat idul adha pada masa PPKM darurat bukan tanpa alasan. Dikarenakan, kebijakan PPKM darurat semata-mata dilaksanakan untuk menjaga keselamatan warga.

"PPKM Darurat dilaksanakan semata-mata untuk melindungi masyarakat dari penularan Covid-19. Kita berduka banyak ulama, kyai, ustad, tokoh agama bahkan keluarga kita yang meninggal karena Covid 19. Maka ibadah di rumah untuk menjaga beliau-beliau yang sehat," terang Fajar.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kulonprogo Kulonprogo Wahib Jamil telah menindaklanjuti hasil evaluasi yang digelar antara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY dengan menggelar rapat koordinasi dan mujahadah secara daring pada Sabtu (17/7/2021) malam.

BACA JUGA : Hindari Penumpukan di Hari Raya, Pemotongan Hewan Kurban Disarankan Saat Hari Tasrik

Rapat koordinasi yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulonprogo untuk mensosialisasikan anjuran dari pemerintah kabupaten Kulonprogo terkait dengan pelaksanaan takbiran dan shalat Idul Adha selama masa PPKM darurat.

"Kantor Kemenag Kabupaten Kulonprogo menindaklanjuti dengan rakor dan mujahadah bersama seluruh jajaran Kemenag termasuk KUA dan penyuluh. Semoga doa yang kita panjatkan kehadirat Allah SWT diijabah. Allah segera mengangkat Covid-19 dari bumi ini, dan kehidupan kembali normal seperti sedia kala," harap Jamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement