Bed Pasien Covid Kritis di Bantul Penuh

Ilustrasi - Antara/Aji Styawan
21 Juli 2021 17:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul mencatat bed occupancy rate (BOR) pasien Covid-19 di mencapai 97% hingga Rabu (21/7/2021). Sementara, tempat tidur pasien kritis atau bed critical telah penuh.

Penuhnya tempat tidur karena peningkatan jumlah kasus positif baru Covid-19 di Bumi Projotamansari yang sangat signifikan.

BACA JUGA: PPKM Diperpanjang, Pemda DIY Siapkan Bantuan untuk Warga dari APBD

“Kami punya total 325 bed untuk isolasi, saat ini sudah 97 persen terisi. Sedangkan 39 critical bed saat ini penuh,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Bantul Sapta Adisuka Mulyatno, Rabu (21/7/2021).

Dinkes pun melakukan sejumlah usaha. Salah satunya adalah memantau selter kalurahan, kabupaten, rumah sakit lapangan dan rumah sakit rujukan Covid-19. Dengan pemantauan tersebut, pasien yang butuh penanganan akan dilayani sesuai kondisinya. Selain itu, Dinkes juga terus memantau warga yang melakukan isolasi mandiri.

“Untuk yang isoman menjadi tanggung jawab puskesmas. Dan ini kami tingkatkan pengawasannya,” jelas Sapta.

Kepala Dinkes Bantul Agus Budi Raharja menilai angka kasus baru positif Covid-19 di Bantul masih tinggi, meskipun PPKM Darurat telah selesai dan diganti PPKM Level 4.

“Sekarang rata-rata sehari bisa 500 kasus. Ini rata-rata. Apalagi di Bantul ini penularan Covid-19 masih masif. Apalagi varian Delta itu penularannya sangat cepat dengan tingkat keparahannya relatif lebih tinggi. Ini dibuktikan dengan kasus meningkat dan lebih banyak bergejala mulai dari sedang sampai berat,” ujar Agus.