Advertisement

Tiba-tiba Batuk dan Kontraksi, Pasien positif Covid-19 Melahirkan di Selter Niten

Jumali
Jum'at, 23 Juli 2021 - 06:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tiba-tiba Batuk dan Kontraksi, Pasien positif Covid-19 Melahirkan di Selter Niten Foto Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Pasien positif Covid-19 berjenis kelamin perempuan, berusia 38 tahun yang tengah dirawat di selter Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPSDMP), Niten, Sewon, dilaporkan melahirkan, Kamis (22/7/2021) sore.

Ibu dan anak yang dilahirkan dilaporkan selamat dan kini telah dipindahkan untuk mendapatkan perawatan di RS Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC) Bambanglipuro.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Bencana Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul sekaligus Plt Kepala Penanggung Jawab Pelayanan Medis RSLKC Bambanglipuro Tri Wahyuni mengakui terkait dengan peristiwa tersebut.

Advertisement

Pasien Covid-19 yang melahirkan tersebut sejatinya baru dua hari menjalani perawatan di selter Niten dan belum memasuki hari perkiraan lahir (HPL). Adapun HPL untuk pasien tersebut adalah 20 Agustus 2021.

"Tapi tiba-tiba batuk dan kontraksi. Awalnya mau dirujuk, tapi akhirnya melahirkan di selter. Alhamdulillah keduanya dalam keadaan selamat," kata Tri Wahyuni.

Baca juga: Hari Ini 88 Warga DIY Meninggal dalam 24 Jam karena Covid-19

Menurut Tri, di selter Niten, sejatinya tidak dirancang untuk melayani persalinan. Sejauh ini, rujukan persalinan dilayani di RSLKC Bambanglipuro. Namun, karena dalam kondisi darurat, maka persalinan pun harus dilakukan di selter Niten.

Tri menambahkan, berdasarkan pemantauan harian, saturasi oksigen dan tekanan darah dari pasien tersebut dalam kondisi normal. Sementara untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, karena lahir premature, bayi yang dilahirkan oleh pasien Covid-19 tersebut dimasukkan ke Infant Warmer. Melalui alat ini, diharapkan suhu dari bayi tersebut tetap terjaga.

Tri mengakui, kejadian pasien melahirkan di selter Niten baru kali pertama. Karena selama ini proses persalinan lebih banyak dilakukan di RSLKC Bambanglipuro. "Jadi enggak menyangka saja, bisa melahirkan disana," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement