Tiba-tiba Batuk dan Kontraksi, Pasien positif Covid-19 Melahirkan di Selter Niten

Foto Ilustrasi. - Ist/Freepik
23 Juli 2021 06:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Pasien positif Covid-19 berjenis kelamin perempuan, berusia 38 tahun yang tengah dirawat di selter Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPSDMP), Niten, Sewon, dilaporkan melahirkan, Kamis (22/7/2021) sore.

Ibu dan anak yang dilahirkan dilaporkan selamat dan kini telah dipindahkan untuk mendapatkan perawatan di RS Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC) Bambanglipuro.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Bencana Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul sekaligus Plt Kepala Penanggung Jawab Pelayanan Medis RSLKC Bambanglipuro Tri Wahyuni mengakui terkait dengan peristiwa tersebut.

Pasien Covid-19 yang melahirkan tersebut sejatinya baru dua hari menjalani perawatan di selter Niten dan belum memasuki hari perkiraan lahir (HPL). Adapun HPL untuk pasien tersebut adalah 20 Agustus 2021.

"Tapi tiba-tiba batuk dan kontraksi. Awalnya mau dirujuk, tapi akhirnya melahirkan di selter. Alhamdulillah keduanya dalam keadaan selamat," kata Tri Wahyuni.

Baca juga: Hari Ini 88 Warga DIY Meninggal dalam 24 Jam karena Covid-19

Menurut Tri, di selter Niten, sejatinya tidak dirancang untuk melayani persalinan. Sejauh ini, rujukan persalinan dilayani di RSLKC Bambanglipuro. Namun, karena dalam kondisi darurat, maka persalinan pun harus dilakukan di selter Niten.

Tri menambahkan, berdasarkan pemantauan harian, saturasi oksigen dan tekanan darah dari pasien tersebut dalam kondisi normal. Sementara untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, karena lahir premature, bayi yang dilahirkan oleh pasien Covid-19 tersebut dimasukkan ke Infant Warmer. Melalui alat ini, diharapkan suhu dari bayi tersebut tetap terjaga.

Tri mengakui, kejadian pasien melahirkan di selter Niten baru kali pertama. Karena selama ini proses persalinan lebih banyak dilakukan di RSLKC Bambanglipuro. "Jadi enggak menyangka saja, bisa melahirkan disana," ucapnya.