Polres Kulonprogo Akan Jemput Pasien Covid yang Isoman

Ilustrasi - Antara/Oky Lukmansyah
26 Juli 2021 17:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Polres Kulonprogo bakal menjemput warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah karena Covid-19. Pasien Covid kemudian akan ditempatkan di tempat isolasi terpusat, yakni di Rusun Giripeni.

"Kalau perlu upaya paksa kami lakukan. Kami data siapa saja yang menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan yang kurang maksimal. Langsung kami pindahkan ke tempat isolasi terpusat di sini (Rusun Giripeni)," kata Kapolres Kulonprogo AKBP Tartono AKBP Tartono, Senin (26/7/2021).

BACA JUGA: Percepat Vaksinasi, DIY Targetkan 70% Warga Divaksinasi pada September

Warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah menjadi fokus dari jajaran Polres Kulonprogo. Terlebih, tidak sedikit warga yang menjalani isolasi mandiri tanpa ada supervisi dari tenaga kesehatan.

"Masyarakat di DIY masih banyak yang melakukan isolasi mandiri. Pengawasan saat isolasi mandiri ini fungsi pengawasannya kurang begitu optimal. Penurunan kasus terpapar Covid-19 juga sedikit ya," kata Tartono.

Pemerintah Kabupaten Kulonprogo menjadikan Rusun Giripeni sebagai selter isolasi mandiri pasien Covid-19 yang mempunyai gejala ringan hingga sedang. Namun, jadwal operasionalnya belum ditentukan.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan Rusun Giripeni menjadi tempat isolasi terpusat karena bangunan yang sudah siap menampung pasien positif Covid-19.

"Kemudian, ditambah soal kapasitasnya yang memadai untuk ditempati oleh pasien positif Covid-19 saat menjalani isolasi mandiri. Kami sudah siapkan sejumlah selter di rumah sakit, tapi itu untuk nakes," kata Sutedjo.

Rusun Giripeni akan disupervisi langsung oleh sejumlah nakes yang ditempatkan di rusun yang dibangun sekitar tahun 2018 tersebut. Tidak hanya nakes, kebutuhan logistik juga akan disuplai oleh Dinas Sosial Kabupaten Kulonprogo.