Dorong Percepatan Pemberian Vaksin, PDIP Sleman Gelar Vaksinasi Massal

Pelaksanaan vaksinasi. - Ist/PDIP.
29 Juli 2021 23:17 WIB Media Digital Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum berakhir. Pemerintah pun terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini, salah satunya dengan vaksinasi Covid-19 secara massal.

Guna menyokong program percepatan vaksinasi nasional menuju Indonesia sehat, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sleman mengintruksikan kepada Ketua PAC PDI Perjuangan Kapanewon Turi,Y.Antoni Wibowo,SE,untuk menggelar vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Sinovac untuk dosis pertama di Rumah Bp. Rahmad Badawi, Nganggrung, KWonokerto, Kapanewon Turi, Sleman pada Kamis (29/7/2021).

BACA JUGA : Kadin DIY Pastikan Tidak Ada Biaya Vaksinasi untuk Pekerja

Ketua PAC PDI Perjuangan Kapanewon Turi mengatakan, vaksinasi tersebut dilakukan dengan kuota 300 orang, dan warga tampak antusias mengikuti program vaksinasi Covid-19 tersebut.

"Masyarakat sangat antusias sekali untuk mengikuti vaksinasi ini, target kita 300 orang khusus di Kelurahan Wonokerto,Turi dan vaksin ini gratis tanpa dipungut biaya apa pun," kata Y. Antoni Wibowo dalam keterangannya, Kamis (29/7/2021).

Pria yang akrab disapa Mas Antoni itu menambahkan, peserta vaksinasi DPC PDI Perjuangan Sleman terlebih dahulu melakukan registrasi secara online untuk mendapatkan vaksin dosis pertama dan melakukan registrasi ulang di lokasi vaksinasi yakni di Rahmad Badawi di Nganggrung Kelurahan Wonokerto.

"Pelaksanaannya berjalan dengan baik, dan tentu sesuai SOP yang ada, juga tetap melaksanakan protokol kesehatan," tutur Ketua PAC PDI Perjuangan itu.

BACA JUGA : Seribu Pelaku IKM Sleman Dapat Giliran Vaksinasi

Kegiatan vaksinasi gratis ini dilakukan karena bentuk kepedulian DPC PDI Perjuangan Sleman terhadap kesehatan masyarakat untuk melawan wabah tersebut. Pasalnya, hingga saat ini angka Covid-19 di Sleman masih sangat tinggi.

"Percepatan vaksinasi ini dalam rangka untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok agar penyebaran Covid-19 bisa kita hambat, dan juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam pemulihan ekonomi pasca krisis pandemi Covid-19," lanjutnya.

Antoni pun berharap kegiatan ini tidak berhenti hanya sampai di sini, semoga program vaksinasi ini dapat memacu partai-partai lain untuk menggelar aksi yang sama, di titik-titik lokasi lainnya dalam upaya meningkatkan kepedulian akan kesehatan masyarakat Indonesia.

"Kita harus gotong royong membantu pemerintah untuk berperang melawan Covid-19, untuk Indonesia yang sehat," pungkas Antoni.

Perlu diketahui sebelumnya, pemerintah semakin gencar dalam melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat dalam upaya menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity). Pemerintah telah melakukan program Vaksinasi Nasional Covid-19 sejak Januari 2021 dimulai dari para tenaga kesehatan (nakes), para pekerja publik, lansia, dan masyarakat umum.

Untuk mencapai kekebalan kelompok, pemerintah telah menambah target sasaran vaksinasi Covid-19 di Indonesia, dari yang semula 181,5 juta orang menjadi 208.265.720 orang. Target tersebut dibagi menjadi beberapa tahapan, yang saat ini sedang dipercepat prosesnya seiring dengan meningkatnya ketersediaan vaksin Covid-19.