Rusun Giripeni Segera Dibuka Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Rendah dan Sedang

Tim Satuan Tugas Covid-19 meninjau Rusunawa Giripeni yang akan disiapkan sebagai tempat karantina mandiri bagi PP maupun OTG wilayah Kulonprogo, Rabu (29/4/2020). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati\\n
31 Juli 2021 04:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo menyatakan Rusun Giripeni yang terletak di Pedukuhan Gunung Gempal, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kulonprogo akan dibuka sebagai tempat isolasi terpusat bagi pasien positif Covid-19 pada pertengahan Agustus 2021 mendatang.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Fajar Gegana mengatakan saat ini jawatannya tengah fokus mengkaji anggaran yang dibutuhkan untuk menangani pasien positif Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri di Rusun Giripeni.

"Kami sedang mengoptimalkan pengkajian soal berapa kebutuhan penanganan pasien positif Covid-19 yang sedang isolasi mandiri di Rusun Giripeni. Total anggarannya belum bisa kita sampaikan karena pembahasannya belum final," kata Fajar pada Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Pedagang Malioboro Mulai Buka Lapak

Kajian soal kebutuhan anggaran penanganan pasien positif Covid-19 di Rusun Giripeni dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kulonprogo dengan sejumlah instansi yang terlibat dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Kulonprogo.

"Anggaran itu nantinya digunakan untuk membeli alat-alat kesehatan (Alkes) dan rekrutmen relawan yang nantinya ditempatkan di Rusun Giripeni. Manajemen pengelolaan Rusun Giripeni nantinya secara terpadu melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulonprogo, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo, TNI dan Polri," kata Fajar.

Keberadaan Rusun Giripeni sebagai tempat isolasi terpusat bagi masyarakat Kulonprogo yang terpapar Covid-19 dengan gejala ringan sampai dengan sedang. Terlebih, angka isolasi mandiri di kabupaten Kulonprogo juga masih cukup tinggi.

Baca juga: Skema Penyaluran Bansos di Bantul Diubah Gegara Kerumunan, Begini Mekanismenya

"Berdasarkan catatan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, angka isolasi mandiri di wilayah Bumi Binangun per Kamis (29/7/2021) mencapai 5.135 orang. Penempatan pasien positif Covid-19 di Rusun Giripeni juga mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19 di lingkungan keluarga," kata Fajar.

Difungsikannya Rusun Giripeni sebagai tempat isolasi terpusat bagi pasien positif Covid-19 di Kabupaten Kulonprogo memang dianggap menjadi angin segar baik oleh tenaga kesehatan maupun masyarakat. Dikarenakan, Kabupaten Kulonprogo belum memiliki selter terpadu bagi warganya yang terpapar Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri di luar rumah.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan Rusun Giripeni yang berisikan pasien positif Covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri nantinya juga akan disupervisi langsung oleh sejumlah nakes yang ditempatkan di Rusun yang dibangun sekitar tahun 2018 tersebut. Tidak hanya nakes, kebutuhan logistik juga akan disuplai oleh Dinas Sosial Kabupaten Kulonprogo.

"Nantinya, tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo akan melakukan pendataan terlebih dahulu siapa saja pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Nanti akan kita verifikasi siapa yang boleh isoman di rumah dan siapa yang harus menjalani isolasi mandiri di sini (Rusun Giripeni)," kata Sutedjo.