Advertisement

Mau Berwisata ke Sleman? Siapkan Kartu Vaksin

Abdul Hamied Razak
Kamis, 05 Agustus 2021 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Mau Berwisata ke Sleman? Siapkan Kartu Vaksin Suasana objek wisata Tebing Breksi saat libur Imlek pada Minggu (14/2/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemkab Sleman mengusulkan agar wisatawan yang hendak berkunjung ke Sleman mengantongi kartu vaksin Covid-19. Hal itu dinilai menjadi solusi agar industri pariwisata tetap bertahan dan wisatawan dapat berlibur dengan aman.

Hal itu diungkap oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. Ia mengatakan ide tersebut diusulkan Pemkab dengan memperhatikan saran dan masukan dari para pelaku wisata di Bumi Sembada. "Sektor industri pariwisata hampir seluruhnya terdampak selama pandemi covid-19. Apalagi saat pemerintah melakukan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di mana semua destinasi wisata ditutup sementara," kata Kustini, Kamis (5/8/2021).

Advertisement

Menurut Kustini, tutupnya operasional destinasi wisata selama ini juga berdampak pada menurunnya pendapatan asli daerah (PAD). Padahal kegiatan pariwisata di Sleman menjadi salah satu sektor andalan penyumbang PAD Sleman. Untuk itulah, agar roda perekonomian kembali berputar khususnya di sektor pariwisata, maka wisatawan diwajibkan membawa kartu vaksin Covid-19.

BACA JUGA: 17 Orang Tewas Disambar Petir Saat Menuju Pesta Pernikahan

"Sebelum masuk ke tempat wisata, pengunjung memberitahukan kepada petugas di tempat wisata mereka membawa kartu vaksin. Ini solusi untuk tempat wisata agar tidak kolaps," ungkap Kustini.

Menurut Kustini hal itu tidak hanya bisa diterapkan bagi pengunjung tempat wisata. Namun juga tempat pendukung pariwisata seperti hotel, kafe, restoran dan sebagainya yang sering dicari oleh wisatawan juga bisa menerapkan hal yang sama. “Yang sudah melaksanakan vaksin, kasih kartu vaksin atau tunjukkan kartu vaksin,” terang Kustini.

Lebih lanjut, usulan tersebut merupakan langkah konkrit untuk membantu perekonomian industri pariwisata dan sektor sejenisnya di wilayah Sleman. Untuk mendukung hal tersebut, Pemkab juga telah melakukan berbagai upaya percepatan vaksinasi.

Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman menyebutkan capaian vaksinasi di Sleman saat ini mencapai 40% dari target 70% jumlah penduduk yang ditetapkan pemerintah pusat. Saat ini Pemkab Sleman juga tengah mengejar vaksinasi 70% untuk seluruh masyarakat hingga akhir Desember 2021.

"Setiap pekan kami targetkan 40.000 warga divaksin, atau setiap harinya rata-rata 5.000 orang. Kami optimis bisa mencapai target itu di akhir tahun 2021," kata Kustini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement