Calon Penumpang di Stasiun Tugu Jadi Sasaran Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Suasana Stasiun Tugu Yogyakarta, Jogja, Senin (17/6)./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah
06 Agustus 2021 13:37 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA— Tim Velox Badan Intelijen Negara (BIN) melakukan dekontaminasi dan edukasi pencegahan Covid-19 pada calon penumpang kereta di Stasiun Tugu Yogyakarta, Jumat (6/8/2021).

Tim Medis Velox BIN, Jares Clinton mengatakan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini penting untuk memberikan edukasi mengenai protokol kesehatan. “Sangat penting penumpang di stasiun ini patuh dan disiplin menerapkan prokes. Tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain,” ucap Jares.

Jares mengatakan dipilihnya stasiun sebagai tempat sosialisasi dan dekontaminasi, karena stasiun masih dikunjungi orang, dan mobilitas masyarakat masih ada di stasiun. “Selain stasiun kami juga mendatangi tempat ibadah, pasar, dan lain sebagainya. Kami lakukan berkelanjutan, tidak hanya di Jogja,” ujarnya.

Baca juga: Tragis, 142 Anak di Jogja Mendadak jadi Yatim Piatu Akibat Covid-19

Dia mengatakan tempat-tempat yang dipilih untuk didatangi, selain melihat masih banyaknya mobilitas, juga mempertimbangkan banyaknya orang yang terpapar dan masuk zona merah. “Selain pengobatan, pencegahan ini juga penting. Kami membagikan masker dan vitamin juga,” ucapnya.

Kepala Stasiun Tugu Yogyakarta, Agus Trianto menyambut baik kegiatan yang dilakukan Tim Velox BIN, dan diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan. “Kegiatan ini mendukung pencegahan Covid-19, karena stasiun juga titik kumpul masyarakat yang melakukan perjalanan,” ucap Agus.

Baca juga: Tambahan Bed RS Lapangan Khusus Covid-19 Bantul Ditarget Beroperasi Pekan Depan

Agus juga mengatakan di stasiun sendiri, juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Penumpang sebelum melakukan perjalanan dilakukan skrining terlebih dahulu. Seperti Rapid Antigen, yang berlaku 1x24 jam, PCR yang berlaku 2x24 jam, menunjukan bukti vaksinasi minimal dosis pertama dan berbagai upaya pencegahan Covid-19 lainnya dilakukan.

Sebelumnya, Manager Humas PT. KAI Daop 6, Supriyanto juga mengatakan sebagai dukungan untuk mencegah Covid-19, PT KAI mengadakan kegiatan vaksinasi untuk calon penumpang. Program Vaksinasi Covid-19 Gratis di stasiun Yogyakarta dan Solobalapan hanya melayani vaksin dosis kedua, mulai Selasa (3/8/2021).