Rapat dengan Pusat, DIY Akan Tingkatkan Tracing Kasus Covid-19

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji. - Ist/Dok Humas Pemda DIY
08 Agustus 2021 22:17 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan dari hasil evaluasi pada rapat koordinasi dengan Menteri Kesehatan RI dan Gubernur se-Jawa dan Bali, pada Sabtu (7/8/2021) untuk DIY perlu meningkatkan tracing Covid-19 agar lebih banyak warga yang tertangani.

“Target pemerintah pusat sebenarnya 1:15, tapi dengan kondisi [sumber daya] DIY sekarang ini masih sulit dilakukan,” kata Baskara Aji, yang dikutip dari Humas Pemda DIY, Minggu (8/8/2021).

BACA JUGA: Menteri Sandiaga Uno Serahkan beasiswa untuk 100 Anak-Anak Pedagang Kecil Terdmapak PPKM

Menurut Baskara Aji, jika tracing sedikit, maka bisa diartikan masih banyak masyarakat yang kemungkinan besar terpapar tapi berada di rumah atau beraktivitas seperti biasa. Terlebih, angka isoman di DIY masih cukup tinggi sementara di tempat isolasi selter masih ada 1.300 bed yang belum terisi.

“Karena itu Baskara Aji ingin tracing benar-benar dilakukan dengan lebih teliti untuk mengurangi angka penularan dan kematian,”. Baskara Aji menjelaskan untuk dapat memenuhi target tersebut, Pemda DIY telah mendapat bantuan BKO dari TNI/Polri sebanyak 230 bintara remaja, personel di Koramil maupun Polsek untuk membantu Puskesmas dalam tracing.