Ritual Malam 1 Suro di Bantul Ditiadakan, Diganti Doa Bersama

Ilustrasi. - Freepik
09 Agustus 2021 13:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul memastikan seluruh kegiatan ritual pergantian 1 Muharram (malam 1 Suro) di sejumlah obyek wisata utamanya pantai selatan ditiadakan. Hal ini menyusul, masih diberlakukannya perpanjangan PPKM Level IV.

"Jadi seluruh kegiatan atau ritual menyambut 1 Suro yang biasanya berlangsung di pantai selatan ditiadakan. Karena memang masih diberlakukan PPKM level IV," kata Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Pelayanan Informasi Wisata, Dispar Bantul, Markus Purnomo Adi, Senin (9/8/2021).

Sebagai gantinya, lanjut Markus, masyarakat di sekitar pantai selatan Bantul memilih menggelar doa bersama di Pendopo Pantai Goa Cemara, Senin (9/8/2021) malam. Doa bersama ini, sebagai ganti ritual yang biasa digelar di Pantai Parangkusumo, ritual Mahesa Suro dan sedekah Goa.

Lebih lanjut Ipung, panggilan akrab Markus, menyatakan pihaknya akan melakukan pengetatan penjagaan dengan melibatkan Dinas Perhubungan, Satpol PP, Polres dan Kodim Bantul di TPR Pantai Parangtritis. Petugas tersebut nantinya akan menghalau wisatawan ataupun warga yang hendak melakukan ritual pergantian 1 Muharram.

"Hanya warga sekitar yang boleh lewat. Selain itu, tradisi nguras enceh di Imogiri juga digelar hanya untuk internal saja. Wisatawan atau warga yang akan ikut, tidak diperbolehkan," ucap Markus.