Pasien Isoman di Bantul Mulai Dijemput di Rumah

Ilustrasi - Antara/Oky Lukmansyah
10 Agustus 2021 14:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemindahan pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah ke selter mulai dilajukan di Bantul. Sejumlah wilayah jadi sampel penerapan kebijakan ini.

menyampaikan Bantul akan mulai melalukan penjemputan kepada pasien isoman ke selter di sejumlah wilayah. “Kami mengambil sampel di Bambanglipuro. Kemudian Kamis besok di Sewon, Jumat di Bantul dan Senin di Sanden," kata Sekretaris Daerah Bantul Helmi Jamharis, Selasa (10/8/2021).

BACA JUGA: 455 Pasien Covid di Sleman Sembuh

Pasien isoman yang menjalani isoladi di rumah akan dipindahkan ke selter-selter milik Pemkab Bantul. "Utamanya tentu untuk efektivitas pemantauan di selter kabupaten [tujuan pemindahannya]," ujarnya.

Helmi mengatakan dalam instruksi bupati memang belum diatur tentang pemindahan pasien isoman ke selter. Tetapi agar pasien isoman agar lebih mendapatkan pelayanan dan pemantauan, Pemkab Bantul menjemput mereka.

"Tentunya ini [penjemputan] tidak dilakukan serta merta. Ada edukasinya, ditawarkan, tidak kemudian tiba-tiba diangkut begitu, enggak. Kemudian juga lihat kondisi pasiennya. Pasiennya bergejala ringan atau sedang atau berat, nanti kami lajukan penyesuain penempatannya," tandasnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa menyampaikan terdapat rencana pemusatan pasien isolasi mandiri di rumah ke selter-selter sebenarnya sama dengan penanganan pasien OTG pada awal-awal pandemi. "Sedang direncanakan, seperti awal Covid dulu. Kami pernah melakukan itu," ujarnya.