PKM Prodi Keperawatan Anestesiologi Unisa Sosialisasi PHBS di SD Muhammadiyah Purwodingiratan

Prodi keperawatan anestesi Universitas 'Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menyelenggarakan pengabdian Masyarakat di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Kota Jogja, pada Jumat (6/8/2021). - Ist/dok
11 Agustus 2021 15:55 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Prodi keperawatan anestesi Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menyelenggarakan pengabdian Masyarakat di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Kota Jogja, pada Jumat (6/8/2021). Pengabdian Masyarakat ini merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi Dosen Unisa kepada masyarakat khususnya siswa siswa di SD Muhammadiyah Purwodingiratan.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan melibatkan mahasiswa prodi Keperawatan Anestesi dan diketuai oleh Vita Purnamasari (dosen prodi Keperawatan Anestesiologi), Dzakiyatul Fahmi Mumtaz (dosen Keperawatatan Anestesiologi) dan diikuti oleh dua mahasiswa yaitu Marcelinus Widhi Rahmanta dan Fadhilah Asyifa Dewanti yang keduanya merupakan mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi. Kegiatan pengabdian ini dinamakan dengan “SIGAP” yakni Sosialisasi Gerakan Anak Peduli PHBS.

“Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa SD Muhammadiyah Purwodiningratan terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga ketika siswa mengetahui akan berdampak pada perilaku sehari – hari”," kata Vita Purnamasari.

Baca juga: 12.000 Nakes di Kota Jogja Akan Terima Vaksin Ketiga Bulan Ini

Apalagi, saat ini di Indonesia sedang mengalami masa pandemi covid 19 yang mengharuskan semua orang selalu menerapkan perilaku bersih dan sehat di setiap aspek kehidupan tak terkecuali bagi siswa siswi sekolah dasar.

Tim SIGAP yang mengenalkan PHBS di sekolah dasar merupakan salah satu gerakan kebersihan dan pengelolaan lingkungan dengan menargetkan anak usia dini untuk lebih mencintai diri dan sekitarnya.

Sebagai salah satu penerus bangsa, anak-anak ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih terutama selama masa pandemi covid-19. Hal tersebut yang melatarbelakangi Tim SIGAP melakukan recall terkait materi PHBS ini di SD Muhammadiyah Purwodinigratan. Meskipun PHBS merupakan hal yang sudah umum diberikan kepada siswa SD, ada perbedaan pemberian metode pembelajaran yang bertujuan meningkatkan penyerapan materi siswa.

Tim SIGAP melakukan inovasi metode pembelajaran audio visual dengan pemberian video animasi bergerak saat melakukan sosialisasi PHBS. “Dengan melakukan perubahan metode pembelajaran diharapkan para siswa sekolah dasar ini mampu untuk memahami dan minimal mempraktekkan PHBS dilingkungannya sendiri, sehingga tercipta keluarga-keluarga kecil yang cinta hidup bersih dan sehat di masyarakat,” ujar Dzakiyatul Fahmi Mumtaz, salah satu tim SIGAP Unisa.

Kepala SD Muhammadiyah Purwodiningratan, Gintoro sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh tim PKM tersebut. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini harus rutin dilakukan dengan kegiatan yang lain dan ke depannya akan menjalin kerjasama dengan UNISA Yogyakarta untuk kegiatan – kegiatan yang lain seperti mengadakan pembelajaran di luar kelas tentang materi / topik tertentu.

Bentuk dari pengabdian yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi melalui platform zoom serta memberikan video edukasi animasi yang diikuti sejumlah 60 peserta. Peserta mengapresiasi dengan baik program pengabdian yang dijalankan ini.