LRI UMY Gandeng Multi Stakeholders untuk Perkuat Riset dan Inovasi

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui Lembaga Riset dan Inovasi (LRI UMY) menyelenggarakan kegiatan Research and Innovation Networking Expo: Government, Business, Academics and Industrial Meeting secara daring. - Istimewa
11 Agustus 2021 15:57 WIB Media Digital Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui Lembaga Riset dan Inovasi (LRI UMY) menyelenggarakan kegiatan Research and Innovation Networking Expo: Government, Business, Academics and Industrial Meeting secara daring.

Ketua Badan Pembina Harian Dr. Agung Danarto., M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan acara ini dilaksanakan dalam rangka pemantapan UMY menuju Research Excellence University sesuai Rencana Strategis UMY 2020-2025 yad. Dalam Research Excellence University, UMY fokus untuk menghasilkan Riset Berdampak / Impact Research bagi public secara luas.

Selanjutnya Rektor UMY, Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM. dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi atas dukungan para stakeholders riset dan inovasi UMY yang berasal dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Industri sedang – besar dari bidang tertentu se-Jawa, dan Perguruan Tinggi dan perwakilan kelompok masyarakat.

Upaya pencapaian tahapan Research Excelence University ini selaras dengan upaya pencapaian Visi Misi UMY serta Visi dalam Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) Indonesia Tahun 2017-2045 yaitu "Indonesia 2045 Berdaya Saing dan Berdaulat Berbasis Riset". RIRN menyebutkan bahwa riset di Indonesia  masih menghadapi kendala diantaranya: rendahnya kontribusi iptek di sektor produksi, minimnya kandungan teknologi dalam barang ekspor. Ekspor produk manufaktur masih didominasi oleh produk dengan kandungan teknologi rendah, sedangkan ekspor manufaktur intensitas teknologi, juga masih rendahnya penciptaan teknologi yang diukur dari perolehan hak paten dan royalti atas karya dan penemuan teknologi, serta difusi inovasi teknologi mutakhir seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UMY Prof. Dr. Sukamta MT, IPM.

Dalam Acara Research and Innovation Networking Expo ini ditampilkan 30 (tiga puluh) produk unggulan riset dan inovasi UMY yang dihasilkan dalam waktu 3 (tiga) tahun ini, sehingga posisi riset 30 unggulan tersebut siap untuk menuju prototype dan Kerjasama produksi dengan sector industry. Dalam acara tersebut juga, dipandu oleh kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan UMY Slamet Riyadi, S.T., M.Sc., Ph.D.  Acara ini dihadiri 114 peserta.

Acara Research and Innovation Networking Expo ini merupakan upaya untuk mensinergikan riset dan inovasi UMY kepada Calon Pengguna, Investor (pemodal) dan Pemerintahan, memetakan potensi dan kebutuhan riset dan inovasi dari stakeholders, serta untuk memetakan potensi kemitraan riset dan inovasi sesuai dengan permintaan stakeholders terkait  pungkas Kepala LRI UMY, Dr. Dyah Mutiarin, Msi. (ADV)