Jumlah Pasien Covid-19 RSLKC Menurun, Sejumlah Bed Kosong

Salah seorang petugas medis mengecek peranti medis di salah satu ruang RS Lapangan Khusus Covid-19 Bantul, Senin (13/4/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
15 Agustus 2021 18:47 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Penurunan pasien isolasi mandiri terjadi Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC) Bambanglipuro. Setiap harinya beberapa bed isoman tampak kosong, padahal sebelumnya hampir selalu penuh setiap harinya.

Penurunan angka pasien isoman disampailan oleh Kepala RSLKC Bambanglipuro, Tarsisius Glory. Disebutkan Glory setidaknya ada 5 hingga 7 bed kosong setiap harinya dari 50 bed yang tersedia.

Lebih lanjut Glory pada Minggu (15/8/2021) menuturkan bila tren penurunan mulai berlangsung sejak pekan ini. "Mulai minggu ini kasus rujukan ke RSLCK Bambanglipuro mulai menurun," jelasnya.

Baca juga: Calon Pengunjung Diminta Bersabar, Objek Wisata di Gunungkidul Masih Tutup

Tren penurunan disebutkan Glory juga terjadi di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19. "Rumah sakit rujukan lainnya tempat tidurnya tak sepenuh saat bulan Juni dan Juli. Meski untuk tempat tidur kritikal masih penuh karena jumlahnya terbatas," tandasnya.

Di sisi lain penambahan bed di RSLKC siap dioperasikan mulai Senin (16/8/2021). Tambahan 33 bed pembangunan dari Kementerian PUPR, dijelaskan Glory, membuat kapasitas RSLKC naik dari 50 bed menjadi 83 bed. "Besok Senin akan kita launching tambahan 33 bednya," pungkasnya.