Bekerja bersama Rakyat Selesaikan Persoalan Bangsa

Aktivitas Baguna PDIP DIY dalam penanggulangan pandemi Covid/19.Harian Jogja/Ist Baguna PDIP DIY
18 Agustus 2021 06:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan DIY mengajak semua pihak bersama-sama untuk terlibat aktif dalam menyelesaikan persoalan bangsa. Perayaan kemerdekaan Indonesia ke-76 diharapkan jadi harapan baru terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Ketua DPD PDIP DIY Nuryadi mengatakan tema yang diangkat dalam HUT ke-76 Indonesia yang bertajuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh adalah ajang yang tepat untuk bergotong-royong menyelesaikan dampak pandemi.

Hal itu selaras pula dengan perintah Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, yang mengajak seluruh elemen partai maupun kader perlu turut serta mengemban tugas dengan bahu membahu menanggulangi pandemi Covid-19.

Lewat Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP DIY, PDIP DIY berusaha berkolaborasi dengan pemerintah dalam mendukung penanggulangan Covid-19. Sebab, kerja para sukarelawan sangat dibutuhkan dalam krisis kemanusiaan yang ditemui dewasa ini.

“Seluruh kader secara khusus dan masyarakat secara umum harus hadir bersama dalam aksi-aksi penanggulangan pandemi. Kami harap kerja sukarelawan Baguna bisa membantu pemerintah mempercepat penanganan pandemi,” kata Nuryadi, Minggu (15/8/2021).

Kepala Baguna PDIP DIY, Retno Handayani, menyebut sejak awal pandemi berlangsung Baguna sudah terlibat dalam berbagai bentuk aksi penanganan Covid-19. Mulai dari edukasi kepada masyarakat terkait dengan pentingnya protokol kesehatan, aksi bagi sembako bagi warga yang membutuhkan, evakuasi pasien Covid-19 maupun penguburan jenazah pasien Covid-19.

Pada perayaan kemerdekaan Indonesia ke-76 ini, Baguna ingin mengajak masyarakat untuk menengok kembali sejarah. Proses kemerdekaan Indonesia adalah hasil dari jerih payah dan perjuangan para pendiri bangsa. Oleh karena itu, di masa seperti sekarang penting kiranya untuk beriringan dalam mengatasi serta memulihkan sektor-sektor yang terdampak pandemi. (ADV)