Dinpar Bantul Siapkan Paket Wisata ke Destinasi yang Belum Banyak Dieksplorasi

Wisatawan menikmati keindahan Songgo Langit, Mangunan, Bantul, Kamis (6/6/2019).- Harian Jogja - Salsabila Annisa Azmi
19 Agustus 2021 08:37 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Dinas Pariwisata Bantul berkoordinasi dengan biro perjalanan se-Jawa gagas paket wisata Bantul. Selain penyiapan skema paket wisata, vaksinasi pelaku wisata juga terus digencarkan agar bila wisata dibuka kembali, sektor pariwisata bisa pulih dengan cepat.

Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul, Annihayah menerangkan bila dinas bekerjasama dengan biro perjalanan se-Jawa menggagas paket wisata Bantul. Paket wisata akan menyasar sejumlah destinasi wisata Bantul yang jarang dieksplorasi.

"Paket wisata yang slama ini belum dieksplorasi ternyata bagi biro perjalanan itu juga menarik," terangnya Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Proyek Talut Pantai Baron Rp2,8 Miliar Bermasalah, Pemborong Terancam Di-blacklist

"Misalnya ziarah makam raja-raja Kotagede atau nanti ke Imogiri. Imogiri kan price-nya enggak ada, hanya sukarela, seperti itu. Kemudian ke selatan mengunjungi Imogiri, jadi berbasis sejarah di sana bisa ke desa wisata belajar membatik," tambahnya.

Selain itu paket wisata bisa berlanjut ke Dlingo untuk adventure dengan naik jip mengelilingi wisata buatan di Mangunan. "Kemudian di pantai itu ada Museum Gumuk Pasir atau pun menikmati pantau. Kemarin paketnya seperti itu cukup banyak yang tertarik," tandasnya.

"Ya itu kemarin itu paket yang ditawarkan seperti itu. At least tidak full paket mereka ada alternatif yang ditawarkan misalnya mau langsung ke Mangunan setelah dari HEHA atau dari mana yang penting kita sudah mengenalkan semua dari sudut timur," ungkapnya.

Baca juga: Terdampak PPKM, 73 Hotel & Restoran di DIY Tutup Permanen

Setelah wisata wilayah timur, ke depannya giliran wisata dari sisi barat yang bakal dipromosikan. "Tahun depan kita garap yang Bantul sisi barat," tandasnya.

"Untuk menyiapkan pelaku wisata kita gencarkan vaksinasi. Tanggal 19 vaksinasi di obyek wisata keempat akan dilaksanakan di Goa Selarong. Mohon doanya supaya lancar, nanti sasarannya 650 orang pelaku wisata," pungkasnya.