KAI Daop 6 Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
23 Agustus 2021 14:17 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—KAI Daop 6 terus berupaya turut serta memutus rantai penyebaran Covid-19 dan sekaligus berperan dalam meningkatkan imunitas masyarakat dengan melayani vaksinasi di Stasiun Jogja, Stasiun Solobalapan, dan Klinik Mediska.

KAI terus berkoordinasi untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam memberikan layanan vaksinasi. Pada Jumat (20/8), Klinik Mediska KAI Daop 6 Jogja mendapatkan tambahan 5.700 dosis vaksin atau 570 vial dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY.

“KAI menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinkes yang telah menyerahkan sebanyak 570 vial dosis vaksin yang akan kami gunakan khusus untuk vaksinasi keluarga pekerja KAI di wilayah Daop 6 Jogja,” ucap Manajer Humas KAI Daop 6 Jogja, Supriyanto, melalui siaran pers, Senin (23/8/2021).

Pemberian dosis vaksin ini sebagai tindak lanjut permohonan KAI Pusat kepada Kementerian Kesehatan untuk memberikan dosis vaksin kepada 14 Klinik Mediska KAI di seluruh wilayah kerja.

Pegawai KAI Daop 6 telah menerom,a 3.462 untuk dosis pertama dan 1.236 untuk dosis dua hingga Rabu pekan lalu. Secara persentase, dari total 4.339 jumlah pegawai KAI Daop 6 yang terdaftar, maka untuk dosis pertama tercapai 80% dan untuk dosis kedua baru tercapai 28%.

Vaksinasi pegawai KAI Daop 6 dilaksanakan di beberapa lokasi yaitu di RS Jiwa Surakarta, RSUD Klaten, Bidokkes Polda DIY, BPTT KAI dan Dinas Kesehatan Kulonprogo. Para pegawai KAI yang divaksin berasal dari level manajemen hingga pelaksana di bidang operasional, frontliner, dan administrasi.

“Vaksinasi ini tentu dibutuhkan dalam rangka percepatan proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia khususnya bagi para pegawai KAI,” ujar Supriyanto.

Program vaksinasi ini juga sangat penting bagi para pekerja KAI yang merupakan petugas pelayanan publik. Vaksinasi ini diharapkan memberikan perlindungan terhadap para pekerja KAI, sehingga tetap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan kereta api.KAI Daop 6 Jogjabekerja sama dengan beberapa instansi kesehatan daerah maupun provinsi di Jawa Tengah dan DIY. Sedangkan pelaksanaan kegiatan, dipusatkan di Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solobalapan, dan Klinik Mediska Yogyakarta, hingga Minggu (22/8), KAI telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 gratis bagi pelanggan KA maupun masyarakat umum sebanyak 4.827 orang.

“Dalam kondisi seperti ini, kolaborasi dan sinergi antara lembaga pemerintah dan daerah harus berjalan cepat dan strategis. Ini momen krusial agar kita semua bisa mempercepat program Indonesia Sehat demi mendukung Indonesia Bekerja," ujar Supriyanto. (***)