Advertisement

GKR dan Dompet Dhuafa Gelar Vaksinasi untuk 1.000 Difabel

Sirojul Khafid
Jum'at, 27 Agustus 2021 - 08:37 WIB
Sunartono
GKR dan Dompet Dhuafa Gelar Vaksinasi untuk 1.000 Difabel GKR Indonesia dan Dompet Dhuafa Jogja gelar vaksinasi difabel dengan sasaran 1.000 orang di Taman Pintar Jogja, Rabu (25/8/2021). Harian Jogja - Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOMANAN – Gerakan Kemanusiaan Republik (GKR) Indonesia bersama Dompet Dhuafa Jogja gelar vaksinasi untuk difabel. Vaksinasi yang berlangsung di Taman Pintar Jogja ini menargetkan 1.000 difabel. Dalam tinjauannya, Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan apabila vaksinasi ini sebagai upaya mempercepat terbentuknya kekebalan komunal.

Salah satu tantangan dalam vaksinasi difabel yaitu terkait mobilitas. Ada yang sudah lansia atau memiliki keterbatasan tertentu. Sehingga Dompet Dhuafa memiliki peran untuk membantu mobilitas ini.

Advertisement

BACA JUGA : DIY Jemput Bola Vaksinasi Difabel

''Dompet Dhuafa menyiapkan antar jemputnya, sehingga problem mobilitas sudah terselesaikan. Kemudian akhirnya banyak yang diantar jemput semuanya ini merupakan pelayanan mareka," kata Heroe di sela-sela tinjauannya di Taman Pintar, Jogja, Rabu (25/8/2021).

Saat ini ada sekitar 3.500 difabel di Jogja. Ke depan vaksinasi dengan sasaran difabel juga akan digencarkan. Kendala dalam hal mobilitas juga akan menjadi perhatian khusus. “Harapan kami nantinya, semua penyandang disabilitas yang memenuhi syarat bisa divaksin. Karena tadi saya lihat masih ada 24 yang belum bisa divaksin karena memiliki komorbit maupun ada beberapa halangan," kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Jogja.

Perwakilan dari Dompet Dhuafa, Zahron, mengatakan apabila gerakan ini sebagai langkah untuk membantu pemerintah. Selain untuk membantu percepatan vaksinasi, upaya kemanusiaan ini dalam rangka mengurangi gejala yang diderita warga jika terpapar Covid-19.

''Harapannya dengan sinergi dari berbagai pihak, tugas-tugas kemanusiaan menjadi lebih ringan. Dan bagi penyandang disabilitas semoga semuanya ter-cover dengan baik dalam mendapatkan vaksin tersebut,'' kata Zahron.

BACA JUGA : Vaksinasi Difabel Dilakukan dengan Jemput Bola

Sementara itu, Gusti Kanjeng Ratu Bendara sebagai perwakilan GKR mengatakan apabila gerakan ini sebagai cara mengebut vaksinasi. “Diharapkan bisa menjadi solusi penurunan tingkat penularan virus Covid-19. Upaya ini juga untuk pemulihan ekonomi dari berbagai sektor serta industri yang terpuruk selama gelombang kedua pandemi,” kata Gusti Kanjeng Ratu Bendara dalam keterangan tertulisnya.

GKR merupakan gerakan sosial yang saat ini fokus dalam penanganan Covid-19. Selain vaksinasi, GKR juga membuat dapur umum dan distribusikan bantuan sembako.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement