Advertisement

Menkop UKM Apresiasi Langkah Accor Group Gandeng UMKM

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 27 Agustus 2021 - 22:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Menkop UKM Apresiasi Langkah Accor Group Gandeng UMKM Menkop UKM, Teten Masduki (kiri) dan Senior Vice President Operations & Government Relations Accor Indonesia and Malaysia, Adi Satria (kanan) dalam kegiatan Kolaborasi Pengembangan UMKM Indonesia di Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta oleh Kementerian Koperasi dan UKM & Grup Perhotelan Accor, Jumat (27/8/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki mengapresiasi Accor Group yang menggandeng usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Langkah sejumlah hotel di bawah Accor Group tersebut dinilai bisa membantu mengembangkan UMKM.

“Ini satu contoh yang baik, di mana hotel dengan UMKM bekerja sama. Luar biasa produk-produk UMKM dikurasi dengan baik, disajikan dengan baik. Tamu-tamu hotel juga mulai menyukai,” ucap Teten dalam kegiatan Kolaborasi Pengembangan UMKM Indonesia di Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta oleh Kementerian Koperasi dan UKM & Grup Perhotelan Accor, Jumat (27/8/2021).

Advertisement

Teten mengatakan kolaborasi tersebut sangat penting, terlebih di masa pandemi ini industri wisata dan UMKM sangat terdampak. “Kemudian bergabung mencari solusi bersama. Produk UMKM dipakai hotel, dan kedua untuk tamu,” ucapnya.

Hadirnya berbagai produk UMKM mulai dari kuliner hingga fesyen di hotel, dinilai Teten mampu mengangkat kelas UMKM. Dengan tamu hotel yang datang dari luar daerah bahkan luar negeri, diharapkan semakin memperluas jangkauan pasar UMKM. “Satu tahap untuk produk UMKM masuk ke jaringan retail global. Ini uji cobanya masuk dulu hotel, karena hotel banyak tamu dari luar negeri. UMKM harus menjaga standar produk, suplai, branding dan lainnya,” ujar Teten.

Senior Vice President Operations & Government Relations Accor Indonesia and Malaysia, Adi Satria mengatakan UMKM yang dihadirkan di hotel Grup Accor Jawa Tengah dan DIY telah melalui kurasi baik bersama Smesco Indonesia maupun instansi terkait di Jawa Tengah maupun DIY.

Ke depan, Accor group berusaha agar produk dari Indonesia dapat ditemui di Grup Accor yang di luar negeri. “Semoga produk yang dipakai di Indonesia bisa menjadi referensi keluar Indonesia, sejalan dengan program Bangga Buatan Indonesia. Mudah-mudahan dapat terus mendukung pemulihan ekonomi di tengah pandemi,” ujar Adi.

Accor Group juga berkomitmen mendukung potensi lokal, seperti salah satu yang ditawarkan yaitu Rediscover Indonesia yang diimplementasikan di 130 hotel. Program ini menawarkan menginap dan mendapatkan pengalaman lokal, produk, jasa dengan kekhasan daerah. Tamu bisa menikmati alam, budaya, adat istiadat, kuliner, seni, kesegaran dan kesehatan dari potensi daerah. Program ini juga mewujudkan Bangga Berwisata di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement