Advertisement

GIPI DIY Dukung Percepatan Vaksinasi

Media Digital
Senin, 30 Agustus 2021 - 06:57 WIB
Sunartono
GIPI DIY Dukung Percepatan Vaksinasi Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pengurus DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY mendukung pelaksanaan vaksin bagi insan pariwisata maupun umum yang diadakan pada 30-31 Agustus dan 1 September 2021. Ada kuota 3.000 dalam vaksinasi ini.

Pelaksanaan vaksin tahap I digelar di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama Jalan Laksda Adisucipto. Vaksinasi tahap II akan digelar satu bulan ke depan. Vaksinasi dengan Sinovac ini diadakan oleh Dinas Kesehatan DIY bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, DPD GIPI DIY dan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) DIY. Kuota 3.000 tersebut dibagi dua, seribu kuota untuk Kowani dan 2.000 untuk GIPI.

Advertisement

BACA JUGA : Pelantikan GIPI DIY: Pengurus Baru Diminta Bergerak Cepat

Ketua Umum GIPI DIY Bobby Ardyanto Setya Aji menegaskan bahwa GIPI sangat mendukung vaksinasi ini. GIPI melihat bahwa percepatan vaksinasi merupakan ikhtiar industri pariwisata untuk segera bisa menggerakkan ekonomi.

"Sesuai dengan statement Pak Gubernur DIY, bahwa ekonomi akan mulai digerakan saat vaksinasi mencapai 80%, tentunya hal ini menjadi tantangan kami, industri pariwisata, untuk bisa berpartisipasi aktif dalam mendorong prosentase tersebut bisa segera tercapai. Dengan begitu, langkah menggerakkan ekonomi dan pariwisata segera terwujud," katanya.

Ditambahkannya, untuk mewujudkan semua itu, perlu kesadaran dan suporting bersama antara industri - masyarakat dan Pemda DIY. "Perlu sinergi, kolaborasi untuk mewujudkan tujuan bersama ini dengan segera, demi kelangsungan hidup masyarakat dan industri pariwisata di DIY," tandasnya.

Dalam vaksinasi tahap I ini, GIPI DIY mendukung pelaksanaan vaksinasi dengan menjadi volunter, menyediakan peserta vaksinasi, dan menyediakan sejumlah sarana prasarana seperti ambulans, konsumsi dan pendukung lainnya.

"Untuk tahap I ini, yang bertanggung-jawab operasional sepenuhnya di lapangan adalah Kowani. Kepanitian GIPI baru akan berfungsi penuh pada vaksinasi kedua nanti," kata Bobby.

Sekretaris GIPI DIY Moko D Sudiro memaparkan jatah sebanyak 2.000 untuk GIPI dimanfaatkan oleh asosiasi industri pariwisata yang bergabung di dalam GIPI. Ada Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI), ASITA, Organda, HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia), ARKI (Asosiasi Rekreasi Keluarga Indonesia), WIPI (Wanita Industri Pariwisata Indonesia), PPHI (Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia) dan sebagainya.

"Alhamdulillah, jatah 2.000 orang bisa memenuhi kebutuhan para pelaku pariwisata yang belum sempat vaksin sebelumnya. Bahkan ada sisa kuota sekitar 200-an. Dan ludes begitu kita buka untuk umum. Tidak sampai dua jam. Kami berharap semua yang terdaftar bisa hadir sesuai jadwal," harapnya.

Dengan vaksinasi ini, GIPI sangat berharap agar semakin banyak warga DIY yang tervaksinasi. Agar bisa bergerak dari level 4, turun ke level bawah, sehingga ekonomi bisa digerakkan. GIPI juga ingin memastikan pelaksanaan operasional vaksin bisa nyaman, lancar, penuh hospitality, sama seperti biasanya orang-orang pariwisata melayani customer.

BACA JUGA : Industri Pariwisata DIY Rugi Rp10 Triliun selama Pandemi

"Bagaimana GIPI bisa menjadi supporting yang positif pada saat pelaksanaan. Itu yang selalu saya tekankan. Terutama kepada para 20-an volunter yang diperbantukan dari GIPI," tandas Bobby

Saat koordinasi dengan Dinas Pariwisata DIY terungkap, pelaksanaan vaksinasi ini didukung dengan platform digital. Platform yang dikembangkan oleh Dinas Pariwisata DIY dan didukung oleh pihak ketiga.

"Calon peserta vaksinasi bisa mendaftar langsung lewat  www.daftarvaksin.visitingjogja.com. Jika sudah terdaftar bisa cek di link tersebut. Nanti akan keluar jadwal vaksinasi, tanggal dan jam vaksinasi. Dan semua yang terdaftar akan menerima SMS pemberitahuan atau pesan WA sehari sebelumnya," jelas Moko.

Bunyi teks yang akan diterima peserta vaksinasi seperti ini:

_Terima kasih telah melakukan registrasi. Kode unik anda adalah . Berikan kode unik anda kepada petugas untuk verifikasi data. Kegiatan vaksinasi akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Rabu, 1 September 2021

Jam : 10.00 WIB

Tempat : Mandala Bhakti Wanitatama,jl Laksda Adisucipto No.88

Vaksinasi : Sinovac – Tahap 1

Catatan:

  1. Membawa fotocopy KTP (dewasa) atau KIA (12 - 16 thn)
  2. Membawa form screening yang sudah terisi, dapat diunduh pada link berikut ini.
  3.  Untuk area parkir motor dapat menggunakan area parkir gedung Mandala Bakti Wanitatama dan parkir mobil dapat menggunakan area parkir UIN Sunan Kalijaga & Hotel Grang Mercure._

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement