Advertisement

Maksimalkan Pelayanan, Bantul Bangun Gedung Puskesmas Banguntapan III

Jumali
Selasa, 31 Agustus 2021 - 08:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Maksimalkan Pelayanan, Bantul Bangun Gedung Puskesmas Banguntapan III Ilustrasi puskesmas. - Istimewa/Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Pemkab Bantul membangun gedung Puskesmas Banguntapan III. Pembangunan puskesmas dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp4,4 miliar ini diharapkan mampu menambah kenyamanan para pengunjung dan maksimal dalam pelayanan.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Bantul Sapta Adisuka Mulyatno mengatakan, Puskesmas Banguntapan III sejatinya sudah ada. Hanya saja, letaknya dan bangunannya tidak representatif. Oleh karena itu, dilakukan pembangunan gedung baru Puskesmas Banguntapan III di lokasi seluas 3.000 meter persegi yang tidak jauh dari lokasi sebelumnya.

Advertisement

"Saat ini pembangunannya sudah mulai. Nantinya pelayanan akan dipindah ke gedung baru. Sehingga pelayanan ke masyarakat akan lebih maksimal dan representatif," katanya, Senin (30/8/2021).

Menurut Sapta, keberadaan Puskesmas Banguntapan III yang ada di Kalurahan Banguntapan sangat dibutuhkan. Mengingat jumlah penduduk di Kapanewon Banguntapan juga cukup banyak. Selain Puskesmas Banguntapan II dan Banguntapan I, Puskesmas Banguntapan III akan menjadi pelengkap dan pilihan warga yang hendak memeriksakan kesehatan mereka.

"Untuk rawat inap, kan ada Puskesmas Bangutapan II. Pembangunan Puskesmas Bangutapan III ini nantinya apakah akan dibarengi penambahan personel, nanti akan kami lihat lebih lanjut," jelas Sapta.

Baca juga: Membumikan Gerakan Warga yang Besar di Dunia Maya

Sapta mengungkapkan saat ini selain Puskesmas Banguntapan III, sejatinya ada beberapa puskesmas di Bantul yang butuh renovasi dan perluasan. Hanya saja, masih terkendala lahan.

"Salah satunya adalah Puskesmas Pundong. Tapi di sana, terkendala keterbatasan lahan. Padahal di sana satu-satunya dan melayani rawat inap.

Sementara Sekda Bantul Helmi Jamharis berharap dengan dibangunnya Puskesmas Banguntapan III, ke depan masalah akses bagi warga yang akan mendapatkan pelayanan akan teratasi. "Karena selama ini kan memang cukup sulit. Nantinya dengan gedung baru, kami berharap pelayanan juga lebih maksimal," harap Helmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Driver Pelaku Pemerasan Grab Car Ditangkap, Begini Kronologi Aksinya...

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement