Maksimalkan Pelayanan, Bantul Bangun Gedung Puskesmas Banguntapan III

Ilustrasi puskesmas. - Istimewa/Pemkab Bantul
31 Agustus 2021 08:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Pemkab Bantul membangun gedung Puskesmas Banguntapan III. Pembangunan puskesmas dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp4,4 miliar ini diharapkan mampu menambah kenyamanan para pengunjung dan maksimal dalam pelayanan.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Bantul Sapta Adisuka Mulyatno mengatakan, Puskesmas Banguntapan III sejatinya sudah ada. Hanya saja, letaknya dan bangunannya tidak representatif. Oleh karena itu, dilakukan pembangunan gedung baru Puskesmas Banguntapan III di lokasi seluas 3.000 meter persegi yang tidak jauh dari lokasi sebelumnya.

"Saat ini pembangunannya sudah mulai. Nantinya pelayanan akan dipindah ke gedung baru. Sehingga pelayanan ke masyarakat akan lebih maksimal dan representatif," katanya, Senin (30/8/2021).

Menurut Sapta, keberadaan Puskesmas Banguntapan III yang ada di Kalurahan Banguntapan sangat dibutuhkan. Mengingat jumlah penduduk di Kapanewon Banguntapan juga cukup banyak. Selain Puskesmas Banguntapan II dan Banguntapan I, Puskesmas Banguntapan III akan menjadi pelengkap dan pilihan warga yang hendak memeriksakan kesehatan mereka.

"Untuk rawat inap, kan ada Puskesmas Bangutapan II. Pembangunan Puskesmas Bangutapan III ini nantinya apakah akan dibarengi penambahan personel, nanti akan kami lihat lebih lanjut," jelas Sapta.

Baca juga: Membumikan Gerakan Warga yang Besar di Dunia Maya

Sapta mengungkapkan saat ini selain Puskesmas Banguntapan III, sejatinya ada beberapa puskesmas di Bantul yang butuh renovasi dan perluasan. Hanya saja, masih terkendala lahan.

"Salah satunya adalah Puskesmas Pundong. Tapi di sana, terkendala keterbatasan lahan. Padahal di sana satu-satunya dan melayani rawat inap.

Sementara Sekda Bantul Helmi Jamharis berharap dengan dibangunnya Puskesmas Banguntapan III, ke depan masalah akses bagi warga yang akan mendapatkan pelayanan akan teratasi. "Karena selama ini kan memang cukup sulit. Nantinya dengan gedung baru, kami berharap pelayanan juga lebih maksimal," harap Helmi.