Advertisement

Kompleks Balai Kota Jogja Jadi Kawasan Wajib Vaksin dan Masker

Sirojul Khafid & Budi Cahyana
Kamis, 02 September 2021 - 16:47 WIB
Budi Cahyana
Kompleks Balai Kota Jogja Jadi Kawasan Wajib Vaksin dan Masker Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, menempelkan stiker pencanangan kompleks balai kota Jogja sebagai kawasan wajib masker dan vaksin, Kamis (2/9/2021). - Istimewa/Dok. Humas Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota Jogja (Pemkot) Jogja mencanangkan kawasan perkantoran di kompleks balai kota sebagai tempat wajib masker dan vaksin, Kamis (2/9/2021).

"Pencanangan ini adalah penegasan dan sekaligus komitmen serta bagian dari upaya penguatan agar semua masyarakat betul-betul menyadari tentang pentingnya vaksinasi dan taat protokol kesehatan," kata Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi.

Advertisement

BACA JUGA: Pekan Depan DIY Uji Coba PTM, Ini Syaratnya

Heroe menyebutkan konsistensi dalam penerapan protokol kesehatan harus menjadi pedoman semua pihak di masa sekarang. Tak hanya itu, demi menyukseskan penanggulangan Covid-1,  masyarakat pun diminta agar ikut serta dalam program vaksinasi. Pemkot Jogja menargetkan September ini seluruh masyarakat Jogja sudah tervaksin semua minimal dosis pertama.

Menurut dia, pertumbuhan kasus harian Covid-19 di Kota Jogja sudah mulai menurun. Pada Juni dan Juli lalu kasus harian Covid-19 di Kota Jogja mencapai ribuan kasus baru. Masuk di akhir Agustus hingga awal September ini penurunan kasus mulai terlihat dengan kasus harian baru di bawah angka 50.

"Semoga ke depan bisa semakin membaik dan turun. Vaksinasi juga semakin kami tingkatkan. Kapasitas juga sudah naik, regulernya Juni lalu itu per hari 2.300 dosis sekarang jadi 4.000 dan 5.000 dosis per hari, sepekan terakhir sudah jadi 10.000 secara total vaksin harian di Kota Jogja," ungkap dia.

Heroe menambahkan  upaya percepatan vaksinasi itu juga didukung dengan sejumlah fasilitas serta klinik kesehatan. Total ada 18 puskemas yang mendukung program percepatan vaksinasi di Kota Jogja dengan kapasitas 200-300 persen lebih banyak dibandingkan pemberian vaksin saat awal. Selain itu, ada pula empat sentra vaksin yang tersedia dengan kuota harian mencapai 1.000 dosis.

BACA JUGA: Objek Wisata DIY Masih Akan Tutup meski PPKM Turun ke Level 3

"Total kami sudah menyuntikkan sebanyak 430.000 lebih dosis vaksin. Cakupan vaksin Kota Jogja itu sudah 150 persen meskipun kalau dilihat dari jumlah KK atau yang ber KTP Jogja itu baru sekitar 45 persen," ungkapnya.

Oleh karena itu, Heroe kembali mengingatkan deklarasi pencanangan kompleks balai kota itu diharapkan pula bisa mempercepat proses vaksinasi. "Yang perlu diingat adalah bukan sekadar memaksa orang segera suntik vaksin, tapi mengedukasi soal pentingnya vaksin untuk penanggulangan Covid-19. Kami juga minta agar para camat, lurah untuk menyisir warga yang belum vaksin," kata Heroe.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement