Advertisement

Pekan Depan DIY Uji Coba PTM, Ini Syaratnya

Ujang Hasanudin
Kamis, 02 September 2021 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
Pekan Depan DIY Uji Coba PTM, Ini Syaratnya Para peserta didik sedang melakukan kegiatan dalam uji coba PTM hari pertama di SMKN 1 Jogja, Senin (19/4/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY akan mengujicoba pembukaan pembelajaran tatap muka (PTM) pekan depan. Syaratnya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun level menjadi level 3.

“Mudah-mudahan minggu depan sudah turun level. Kami akan melakukan uji coba terutama di sekolah yang dulu pernah uji coba ditambah sekolah yang sudah siap,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya, Kamis (2/9/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Selain Wajan Raksasa, Rantai Raksasa Juga Ditemukan di Bantul

Beberapa sekolah yang sempat melakukan uji coba PTM di tengah pandemi adalah SMAN 1 Pajangan Bantul, SMAN 1 Gamping Sleman, SMKN 1 Wonosari Gunungkidul, SMKN 1 Jogja, SMAN 1 Sentolo Kulonprogo, SMAN 2 Playen Gunungkidul, SMKN 1 Pengasih Kulonprogo, SMKN 1 Bantul, dan SMKN 1 Depok Sleman.

Selain level PPKM turun, pertimbangan lainnya untuk menggelar PTM adalah capaian vaksinasi. Sampai saat ini vaksinasi untuk guru dan tenaga kependidikan sudah hampir 100% dari total sekitar 16.600-an. Mereka yang belum divaksinasi karena kondisi kesehatan seperti hamil atau tensi tinggi dan secara berangsur sudah melakukan vaksinasi secara mandiri.

Vaksinasi siswa juga terus dikebut melalui bekerja sama berbagai pihak, baik TNI-Polri maupun fasilitas kesehatan di kabupaten dan kota. “Capaian vaksinasi pelajar sampai sekarang 34 persen, ini masih berjalan terus,” ujar Didik. Disdikpora menargetkan akhir September semua pelajar selesai divaksinasi, terutama untuk pelajar SMA dan SMK. Vaksinasi pelajar harian, kata Didik, mencapai 2.000-3.000 orang.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadaranta Baskara Aji mengatakan DIY akan segera turun level berdasarkan informasi dari Pemerintah Pusat karena beberapa indikatornya sudah membaik. Dia berharap selama tiga hari ke depan atau sebelum PPKM level 4 berakhir tidak ada kenaikan kasus yang signifikan.

BACA JUGA: Tak Jadi Komponen Penentu Upah, Survei KHL Dihapuskan

“Kalau turun level 3 mungkin pembatasan-pembatasn berkurang sedikit, yang cukup signifikan itu level 2,” kata Baskara Aji.

Yang dibolehkan secara terbatas di level 3 adalah PTM, namun PTM pun kesiapannya diserahkan ke masing-masing daerah.

Sekolah di DIY akan dibuka secara bertahap dan juga mempertimbangkan capaan vaksinasi bagi pelajar.  “Pak Gubernur DIY inginnya vaksinasi menjadi salah satu pertimbangan PTM,” kata Baskara Aji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan IKN, Jokowi: Jangan Membayangkan Upacara 17 Agustus Sudah Jadi Semuanya

News
| Rabu, 17 Juli 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement