Partai Ummat: Kami Mendapat Banyak Dukungan dari Warga Muhammadiyah di DIY

Ketua DPW Partai Ummat DIY Dwi Kuswantoro. - Ist
03 September 2021 20:37 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--DPW Partai Ummat DIY meyakini bisa meraih dukungan dari warga muhammadiyah di DIY untuk menyongsong Pemilu 2024 mendatang. Partai ini telah mempersiapkan merekrut anggota sebagai syarat pengajuan sebagai partai politik peserta Pemilu setelah mengantongi SK dari Kemenkumham.

Ketua DPW Partai Ummat DIY Dwi Kuswantoro meyakini telah mendapatkan banyak dukungan dari kader Muhammadiyah terkait pendirian Partai Ummat. Bahkan ia memperkirakan dukungan tersebut bisa mencapai lebih dari 60% warga Muhammadiyah di DIY.

“Dukungannya besar, cabang-cabang di Muhammadiyah itu banyak mendukung. Kalau persentase saya kira diatas 60 persen. Banyak tokoh Muhammadiyah di level lokal hingga daerah mendukung proses pendirian. Alhamdulillah mendukung untuk KTA dan lain-lain,” katanya Jumat (3/9/2021).

Partai besutan Amien Rais ini memang disebut-sebut telah merekrut sejumlah jebolan parpol lain hingga organisasi kemasyarakatan. Bahkan Dwi Kuswantoro yang didaulat sebagai Ketua DPW Partai Ummat DIY merupakan Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY yang baru saja mengundurkan diri.

“Saya sudah mengundurkan diri, tetapi saya masih berkiprah di Muhammadiyah, masih bisa menjadi anggota, saya tidak akan hilang di Muhammadiyah, tetap punya NBM [nomor baku muhammadiyah], kalau jadi anggota masih bisa,” ujar Dwi.

Dwi menambahkan untuk persiapan verifikasi Pemilu 2024, timnya sedang mengumpulkan keanggotaan dengan target 5.500 orang sebagai syarat dari 1/1.000 dari jumlah penduduk DIY. Semua komponen komponen akan direkturnya, ia mengklaim partainya telah ditopang dari unsur yang beragam, mulai dari eks partai seperti PAN, PPP PBB hingga ormas.

“Target itu di DIY 5.500 KTA, ini sudah lebih dari aturan, aturan KPU 1 persen dari jumlah penduduk. Kami tahap pertama, tiga sampai empat bulan fokus ke Kemenkumham, setelah Kemenkumham selesai. Selanjutnyat arget kedua adalah pendaftaran ke KPU,” ujarnya.

Partai Ummat menggelar tasyakuran virtual dari Jumat (3/9/2021) hingga Minggu (5/9/2021) yang diisi dengan diskusi yang menghadirkan sejumlah akademisi dan pakar politik dari sejumlah kampus hingga Ketua Majelis Syuro Amien Rais. (Sunartono)