5 Dosen Universitas Terbuka Beri Penyuluhan tentang Budidaya Porang di Klaten

Lima dosen Universitas Terbuka (UT) melaksanakankegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Budidaya Porang untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Gataktuan RT 02/01 Gemblegan Kalikotes Klaten, Jawa Tengah, Minggu (29/8/2021) malam. - Ist
04 September 2021 04:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Lima dosen Universitas Terbuka (UT) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Budidaya Porang untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Gataktuan RT 02/01 Gemblegan Kalikotes Klaten, Jawa Tengah, Minggu (29/8/2021) malam. 

Tim yang terdiri dari Dr. Hendrian., SE., M.Si., CIQaR., CIQnR; Dr. Shine Pintor S Patiro., ST., MM., CIQnR; Ramdhan Kurniawan., S.Tr.Par., MM; Surya Adi Sasmita., S.Hum., MA; dan Vegananda Yansahputra bersama dengan lima mahasiswa UT, memberikan penyuluhan mengenai manfaat budidaya umbi porang yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya Dr. Hendrian., SE., M.Si., CIQaR., CIQnR menyampaikan bahwa tujuan dari acara tersebut adalah mewujudkan salah satu pilar dari tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Lebih lanjut, Dr. Hendrian., SE., M.Si., CIQaR., CIQnR juga menyatakan bahwa selain untuk mengejahwantahkan pilar tersebut kegiatan ini diharapkan mampu untuk mengubah pola pikir dan pola tindak masyarakat di Desa Gataktuan RT 02/01 Gemblegan Kalikotes Klaten untuk mau mencoba melakukan budidaya porang demi perbaikan dan peningkatan kesejahteraan ekonominya.

Dr. Shine Pintor S Patiro., ST., MM., CIQnR juga dalam sambutannya menyatakan bahwa setelah kegiatan malam itu diharapkan akan terjadi kelanjutan dari program PKM tersebut sehingga tujuan kegiatan PKM dapat tercapai melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Gataktuan RT 02/01 Gemblegan Kalikotes Klaten dengan memanfaatkan lahan sawah yang sudah adak Kemudian penyediaan bibit tanaman Porang bagi masyarakat Desa Gataktuan RT 02/01 Gemblegan Kalikotes Klaten dan selanjutnya peningkatan niat masyarakat Desa Gataktuan RT 02/01 Gemblegan Kalikotes Klaten untuk membudidayakan Porang di lahan sawah mereka yang selama ini digunakan untuk menanam padi.

Umbi porang merupakan komoditas hasil pertanian yang nantinya akan di ekspor dalam wujud tepung. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang mendukung bidang pertanian dalam hal meningkatkan budidaya porang sebagai komoditas yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bersifat multiyear atau berkelanjutan. Tim Abdimas Universitas Terbuka akan mengawal kegiatan porang dari hulu hingga hilir. Mulai dari persiapan lahan, pemilihan bibit, penanaman, perawatan, pemanenan, hingga pada penjualan.

“Masyarakat sangat antusias dalam diskusi kegiatan tersebut dikarenakan masyarakat membutuhkan inovasi dalam pertanian yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka," ujar Surya Adi Sasmita sebagai pemateri.

Tim Abdimas Universitas Terbuka selain memberikan penyuluhan juga memberikan sedikit donasi bantuan untuk para petani dalam mempersiapkan lahan dan beberapa kebutuhan lain yang berkaitan dengan persiapan penanaman umbi porang. Donasi bantuan tersebut diberikan dengan tujuan menambah semangat kelompok tani dalam menanam umbi porang.

Dalam acara tersebut tim juga memberikan donasi bantuan yang langsung diserahkan oleh Dr. Hendrian., SE., M.Si., CIQaR., CIQnR selaku Ketua Jurusan Akuntansi UT kepada Ketua RT 01 dan RT 02 selaku perwakilan masyarakat yang hadir malam itu.Hasil dari kegiatan abdimas UT tersebut diharapkan benar – benar dapat memberikan paradigma baru dalam hasil pertanian dan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para petani. (ADV)