Wawali Berharap Kereta Bandara Bisa Dongkrak Pariwisata Jogja

Heroe Poerwadi (kedua dari kiri) saat menguji coba Kereta Api Bandar dari Stasiun Tugu, Jogja, Sabtu (4/9/2021). Ist - Pemkot Jogja.
05 September 2021 11:17 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, GEDONGTENGEN – Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, berharap keberadaan Kereta Api Bandara bisa mengdongkrak pariwisata, khususnya di Kota Jogja. Hal ini dia ungkapkan saat menguji coba Kereta Api Bandara dari Stasiun Tugu menuju Yogyakarta International Airport (YIA).

Heroe menganggap seluruh sarana prasarana Kereta Api Bandara sudah baik. Penerapan protokol kesehatan juga sudah memenuhi standar yang ada.

BACA JUGA : Begini Rasanya Naik KA Bandara dari Tugu ke YIA

"Kereta ini dari YIA menuju Stasiun Tugu Jogja yang berada di pusat kota. Artinya wisatawan yang datang nantinya bisa langsung menuju ke kawasan Malioboro cukup dengan berjalanan kaki yang jaraknya sangat dekat. Harapannya bisa meningkatkan pariwisata Jogja," kata Heroe, Sabtu (4/9).

"Ini adalah transportasi alternatif bagi mereka yang ingin menuju YIA, untuk sarana dan prasarana sudah sangat baik."

Selama uji coba, perjalanan lancar dan tanpa kendala apapun. Waktu tempuh juga sesuai perencanaan sekitar 40 menit. Selama uji coba, jadwal Kereta Api Bandara yang berangkat dari Stasiun Tugu Jogja yaitu pukul 05.00 WIB, 07.20 WIB, 10.55 WIB, dan 14.22 WIB.

Adapun biaya semasa uji coba gratis. Hal ini berlaku pada tanggal 1-16 September 2021. Setelah periode promo berakhir, mulai 17 September 2021 tarif Kereta Api Bandara mengikuti aturan yang berlaku.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta, Supriyanto, tarif setelah promo dari Jogja menuju YIA sebesar Rp20.000. Sedangkan untuk Jogja menuju Wates sebesar Rp10.000 dan Wates menuju Bandara sebesar Rp20.000.

"Kuota penjualan 50 persen dari kapasitas kereta api. Satu-satunya stasiun pemberhentian antara Jogja hingga YIA adalah di Stasiun Wates, Kabupaten Kulonprogo," kata Suprianto.

BACA JUGA : GKR Bendara Jajal Kereta Bandara YIA

Nantinya, Stasiun Wates akan berfungsi sebagai penghubung penumpang dari Kutoarjo yang akan naik Kereta Api Prambanan Ekspress.

"Jadi penumpang bisa melanjutkan perjalanan ke bandara menggunakan Kereta Api Bandara," katanya.