Vaksinasi Pelajar di Kota Jogja Sudah Selesai

Ilustrasi Vaksin COVID-19. - FOTO ANTARA /Irwansyah Putra
06 September 2021 09:27 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Per 4 September 2021 lalu, vaksinasi untuk pelajar di Kota Jogja sudah selesai. Dari 58.000 pelajar tingkat SD, Madrasah, SMP, SMK, SMA, dan Pesantren sudah 83 persennya mendapat vaksin.

“Selebihnya masih berada di luar kota atau di kampung halamannya masing-masing. Atau ada yang tidak dapat izin dari orang tuanya,” kata Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Minggu (5/9/2021).

Meski vaksinasi sudah mencapai 83 persen, Pemkot Jogja belum merencanakan atau menentukan tanggal pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka. Meski seluruh sarana prasarana dan metode sudah siap, Pemkot Jogja masih memantau kondisi penularan kasus Covid-19.

Baca juga: Percepat Herd Immunity, Jasa Rahaja Gelar Vaksinasi Dosis Kedua

“Hal itu dikarenakan kami menghadapi varian Delta yang sangat menular dengan cepat. Antisipasi kami tentu berbeda dengan persiapan yang dilakukan pada varian virus Covid-19 sebelumnya,” kata Heroe.

Secara total, Pemkot Jogja sudah menyuntikkan vaksin dosis pertama sekitar 485.000 dosis. Jumlah ini terbagi pada 64 persen warga ber-Nomor Induk Kependudukan (NIK) non Kota Jogja namun berkegiatan di Kota Jogja. Sementara 36 persen ber-NIK Jogja. Untuk perhitungan 64 persen capaian vaksinasi warga non NIK Jogja, warga ber-NIK Sleman sebanyak 50 persen, Bantul 34 persen, Gunungkidul 6 persen, Kulonprogo 5 persen, dan luar DIY 2,6 persen.

“Jumlah wajib vaksin warga ber-NIK Jogja yang sudah vaksin mencapai 60 persen. Warga NIK Jogja, bisa jadi domisili di kota, tetapi bisa juga di luar Kota Jogja,” kata Heroe. “Kecepatan melakukan vaksinasi [oleh] Pemkot Jogja tertinggi di Indonesia.”