Perpustakaan Kota Jogja Kembali Buka Layanan

nPemustaka menggunakan layanan drive thru untuk mengembalikan buku di Grhatama Pustaka pada Selasa (14/4/2020) lalu. - Ist/Dok. BLP DPAD DIY
08 September 2021 11:57 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Perpustakaan Kota Jogja dan Pevita kembali membuka layanan setelah DIY turun di PPKM Level 3. Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogja, Nunun Zulaikha, meski layanan sudah kembali berlangsung, masih ada pembatasan kuota dan jam operasional.

Untuk Perpustakaan Kota Jogja, maksimal untuk 25 orang. Sedangkan Pevita, maksimal pengunjung 15 orang. Apabila kuota sudah terpenuhi, maka pengunjung berikutnya perlu menunggu sampai pengunjung yang di dalam selesai beraktivitas.

Adapun jam layanan di dalam perpustakaan pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. Sementara untuk layanan Sapa Ratu atau Sarana Peminjaman dan Pengembalian Buku Pustaka Langsung Tanpa Turun berlangsung dari 09.00 sampai 14.00 WIB. Operasional pada hari Senin sampai Jumat. Untuk Sabtu dan Minggu tutup.

Baca juga: Level PPKM Turun, Masyarakat Diminta Tetap Disiplin Prokes

Beberapa layanan yang sudah kembali berjalan seperti baca buku di tempat, peminjaman, pengembalian, perpanjangan buku, pembuatan kartu anggota, Sapa Ratu, dan WiFi. "Untuk layanan gazebo, PC internet, dan area playground belum dapat dilayankan," kata Nunu, Selasa (7/9/2021).

Selama masa penutupan dampak PPKM Level 4, pengelola Perpustakaan Kota Jogja dan Pevita melakukan penyegaran bahan Pustaka. Adapula sterilisasi terhadap seluruh sarana dan prasarana pustaka.

“Kami lakukan pembersihan menggunakan disinfektan sesuai ketentuan kesehatan,” kata Nunun.

Meski sudah kembali buka dan DIY berada di PPKM Level 3, pengunjung tatap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal ini guna mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19.