Masih Berkeliaran, OTG di DIY Perlu Dijemput dan Dikarantina

Ilustrasi - Antara/Mohammad Ayudha
08 September 2021 16:37 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY menyebut pasien Covid-19 terutama yang tanpa gejala atau OTG yang masih berkeliaran di area publik harus dijemput dan dikarantina.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan ciri khas yang paling sulit dikendalikan dari Covid-19 adalah pasien OTG. Jika mereka tidak memeriksakan diri, tidak ada hasil tes PCR di PeduliLindungi.

BACA JUGA: Tiga Objek Wisata DIY Boleh Buka, Ini Langkah Pemda

“Yang ada berarti dia sudah divaksin tapi OTG. OTG biasanya suhu tubuh juga tidak panas. Lha itu yang jadi persoalan di situ,” kata Baskara Aji, Rabu (8/9/2021).

Pemda DIY meminta pengelola pusat perbelanjaan, mal, atau area publik lainnya yang menyediakan aplikasi PeduliLindungi untuk menyediakan tempat karantina khusus pasien Covid-19 ketika warna dalam aplikasi PeduliLindungi menunjukan hitam atau positif Covid-19.

Setelah menyediakan tempat karantina, pengelola mal bisa bekerjasama dengan Satgas Penanganan Covid-19 terdekat untuk menjemputnya dan membawa ke tempat isolasi terpusat (Isoter). “Kalau hanya ditolak saja hanya ganti tempat,” kata Baskara Aji.