Tiga Objek Wisata DIY Boleh Buka, Ini Langkah Pemda

Objek wisata Watu Lumbung Culture Resort. - Istimewa
08 September 2021 16:17 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY masih menunggu keputusan resmi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengenai uji coba pembukaan destinasi wisata.

Terdapat tiga objek wisata yang boleh buka di DIY dan sudah mendapat keputusan dari Kemenparekraf, yakni Taman Pintar Jogja, Candi Ratu Boko Sleman, dan Watu Lumbung Culture Resort. Namun, Pemda DIY belum bisa memastikan.

BACA JUGA: Objek Wisata di Sleman yang Boleh Buka Hanya Ratu Boko

“Kami masih menunggu keputusan resmi dari Kemenparekraf,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, Rabu (8/9/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan dalam rapat dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempresentasikan tiga lokasi wisata yang boleh buka yang ada di DIY.

“Tiga itu mana saja, ya nunggu SK-nya,” kata Baskara Aji.

Baskara Aji tidak menampik objek wisata yang boleh buka adalah Candi Ratu Boko dan Taman Pintar.

BACA JUGA: Masuk dalam Lokasi Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata, Objek Wisata di Dekat Parangtritis Ini Besok Buka

Pemda DIY akan mengkaji kembali apakah ketiga destinasi wisata itu sudah memenuhi protokol kesehatan dan minim resiko penularan Covid-19 atau tidak. “Misalnya saja itu belum memenuhi persyaratan, sebelum kami izinkan, persyaratannya harus dilengkapi,” kata Baskara Aji.

Pemda DIY tidak menutup kemungkinan akan meminta penggantian objek wisata yang boleh dibuka sesuai yang diinginkan Pemda DIY.