Selama PPKM Level 4, Jumlah Pengajuan Uji KIR Tak Mengalami Penurunan

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo saat meninjau alat uji rem dan kincup roda di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor, Sewon, Bantul, Selasa (7/9/2021). -Harian Jogja - Jumali.
08 September 2021 08:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul memastikan selama PPKM dan pandemi Covid-19, sejumlah armada kendaraan angkutan umum dan barang tetap mengujikan kendaraannya.

Hal ini terlihat dari banyaknya kendaraan angkutan umum dan barang yang tetap menjalani Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) atau uji KIR kendaraan mereka di kantor UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Bantul di Jalan Parangtritis, Sewon.

BACA JUGA : Bantul Berlakukan PSTKM, Uji KIR Dibatasi Hanya 50

Sekretaris Dishub Bantul Singgih Riyadi mengatakan sejauh ini tidak ada penurunan baik bus atau kendaraan angkutan umum dan barang yang melakukan menjalani PKB di tempatnya. Setiap hari, tetap ada armada angkutan umum dan barang tetap mendatangi pengujian kendaraan, untuk mengecek dan memperbaharui masa berlaku operasional mereka.

"Baik beroperasi maupun tidak mereka tetap ke sini. Bahkan, saat ini ada penumpukan antrean yang mendaftar melalui online di tempat kami," katanya, Selasa (7/9/2021).

Lebih lanjut Singgih mengungkapkan, dalam sehari, pihaknya selama ini mampu melayani sebanyak 150 kendaraan. Adapun, dalam setahun, lewat uji kendaraan, mampu menyumbang pendapatan asli daerah sekitar Rp1,5 miliar. "Untuk mempermudah pelayanan, ke depan kami akan menambah sarana dan prasarana serta membuat dua jalur, agar pelayanan lebih maksimal," jelas Singgih.

Menurut Singgih, pelayanan PKB sendiri dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19, yakni menggunakan APD, adanya kewajiban ukur suhu badan, masker, face shield, hand sanitizer, dan tempat cuci tangan.

BACA JUGA : Terapkan Prokes Ketat, Layanan Uji KIR Dibatasi

“Kami juga memberlakukan kebijakan paperless dan pelayanan tanpa kertas. Di mana, berkas formulir ditiadakan dengan mengganti menjadi formulir digital. Semua kami maksimalkan melalui daring, meski pengecekan kendaraan harus tetap dilakukan,” katanya.

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo berharap agar ke depan Dishub lebih memaksimalkan pelayanan. Hal ini menyusul telah diresmikannya alat uji rem dan kincup roda di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor.

"Kami berharap dengan alat uji rem dan kincup roda baru ini akan meningkatkan kualitas layanan kita untuk KIR kendaraan. Kami harapkan dengan alat baru ini, produktivitas dan layanan akan lebib maksimal," ucapnya.