Bantuan Rp1,2 Juta untuk Pedagang Kecil Akan Disalurkan lewat Kodim & Polres

Ilustrasi uang. - Bisnis/Rachman
10 September 2021 07:57 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul belum bisa memastikan berapa pedagang kaki lima (PKL) dan warung (BT-PKLW) yang akan menerima bantuan tunai dari pemerintah pusat. Sebab, penyaluran bantuan uang tunai senilai Rp1,2 juta disalurkan langsung melalui TNI dan Polri.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian (DKUKMP) Bantul Agus Sulistyana mengungkapkan, beberapa waktu lalu pihaknya memang telah diajak berkoordinasi dengan Polres dan Kodim Bantul terkait dengan rencana penyaluran bantuan tunai.

BACA JUGA : Warga Jogja! Pendaftaran Bantuan UMKM Tahap Dua Sudah

Hanya saja, DKUKMP tidak mengetahui berapa banyak PKL maupun warung di Bantul yang akan menerima bantuan.

"Kami hanya sebatas diajak koordinasi. Ada berapa yang mendapatkan, kami kurang tahu," kata Agus, Kamis (9/9/2021).

Sementara Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Bantul Sukrisna Dwi Susanta mengatakan saat ini ada 1.860 PKL di Bantul. Hanya saja, Sukrisna juga tidak mengetahui terkait berapa banyak PKL yang mendapatkan bantuan tersebut. "Untuk itu silakan tanyakan ke DKUKMP. Karena itu berkaitan dengan UMKM juga," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan ada satu juta PKL dan pemilik warung yang akan menerima bantuan dana Rp1,2 juta melalui TNI-Polri.

BACA JUGA : Pemkot Jogja Buka Keran Bantuan untuk 6.000 UMKM

PKL dan warung yang akan menerima bantuan adalah mereka yang lokasi usahanya berada di daerah PPKM Level 3 atau Level 4, serta bukan penerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

“Penerima bantuan adalah bukan penerima BPUM dan lokasi usahanya di PPKM Level 3 dan 4. Bantuan ini segera dijalankan karena seluruh regulasinya sudah lengkap,” katanya.