Vaksinasi Pelajar SMP di Bantul Bakal Digencarkan

Siswa mendapatkan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan di SMP Negeri 2 Wonosari, Kamis (12/8/2021). - Harian Jogja/David Kurniawan
15 September 2021 06:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Skenario Pembelajaran Tatap Muka (PTM) masih terus dicermati. Vaksinasi pelajar menjadi salah satu fokus penekanan sebelum wacana PTM digulirkan.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Bantul, Joko Purnomo menyampaikan rencana PTM sampai saat ini masih dicermati dan dikomunikasikan. Rencana vaksinasi pelajar, menjadi konsentrasi utama sebelum PTM digelar.

"Kita akan menyelenggarakan vaksinasi untuk murid-murid SMP di Kabupaten Bantul. Ini nanti vaksinnya dari DPR RI kita, kemudian dari Kementerian Perhubungan yang nanti membantu vaksin di Bantul," kata dia, Selasa (14/9/2021).

Sementara itu vaksinasi pada jenjang SMA akan menjadi kewenangan provinsi. "SMA oleh provinsi dan memang vaksinnya sudah dilaksanakan sebagian besar. Dan nanti kami akan melaksanakan yang menjadi kewenangan kita yaitu untuk SD dan SMP," jelasnya.

Baca juga: Pemkot Klaim Jogja Layak di Level 2 PPKM

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul, Isdarmoko pada pekan lalu menyampaikan capaian vaksinasi pelajar di Bantul angkanya masih kecil. Dia menjelaskan dari total 40.000 lebih pelajar di tingkat SMP dan MTS, baru sekitar 6000 pelajar saja yang divaksin.

Capaian tersebut berbanding terbalik dengan vaksinasi guru yang telah rampung dilakukan. Hanya menyisakan beberapa guru yang saat jadwal vaksin tertunda karena hamil, penyintas atau kondisi kesehatan yang tidak memenuhi syarat untuk dilakukan vaksinasi.