Vaksinasi Digenjot, Prokes Tetap Harus Jalan

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meninjau kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di beberapa titik di Sleman, Rabu (15/9/2021) - Ist
15 September 2021 22:17 WIB Bernadheta Dian Saraswati Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Pemerintah Kabupaten Sleman terus menggenjot capaian vaksinasi Covid-19. Ditargetkan hingga akhir September bisa mencapai 70%.

Untuk mengejar target tersebut, kegiatan vaksinasi massal dilaksanakan di beberapa titik pada hari ini, Rabu (15/9/2021). Kegiatan tersebut juga ditinjau langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Sleman.

Lokasi pertama, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meninjau vaksinasi di Institut Teknologi Yogyakarta, Kemudian dilanjutkan vaksinasi bagi warga Kalurahan Sidomoyo Godean. Dari sebanyak 687 orang yang hadir, ada 656 orang yang tervaksin dan 31 orang tertunda.

Sementara Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa meninjau kegiatan vaksinasi bagi pedagang pasar di GOR Tridadi Sleman untuk dosis 2. Kegiatan vaksinasi ini diikuti 702 peserta dibagi tiga lokasi dan waktu berbeda yang diselenggarakan Bank Danamon bekerjasama dengan Bank Sleman.

Kustini menyampaikan terima kasih kepada pihak–pihak terkait yang telah sukses menyelenggarakan acara vaksinasi tersebut. “Vaksinasi ini merupakan bagian dari program pemerintah saat ini sebagai langkah menanggulangi kasus Covid-19 di Kabupaten Sleman,” ujarnya, Rabu.

Kustini berharap vaksinasi ini dapat dikejar agar bisa sesuai dengan target Pemerintah Pusat. Harapannya apabila vaksinasi sudah merata dapat mengurangi risiko paparan serta menurunkan angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca juga: Jokowi Cerita Banyak Mahasiswa UGM Kena Tipes setelah Makan di Warung

“Kami menargetkan vaksinasi di Kabupaten Sleman pada akhir September ini bisa tercapai 70 persen dengan harapan apabila vaksinasi sudah merata, kegiatan masyarakat bisa kembali pulih terutama ekonomi,” tambahnya.

Menurutnya, vaksinasi tersebut mendapat respon yang baik dari masyarakat. Antusiasme warga mengikuti vaksinasi ini cukup tinggi. “Saya berharap dengan diadakannya vaksinasi ini bisa membantu membangun herd immunity di Sleman,” tambahnya.

Kendati demikian, Kustini tetap mengingatkan agar masyarakat yang telah tervaksin untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan (prokes). Selama masa pandemi Covid 19, masyarakat diminta untuk menjaga diri dan keluarga dengan cara tertib prokes.

"Meskipun sudah divaksin, saya harapkan masyarakat tetap waspada dan senantiasa melaksanakan protokol kesehatan, memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas," ujar Kustini.

Saat ini, Vaksinasi di Kabupaten Sleman untuk dosis pertama sudah mencapai 67 persen dan dosis kedua sudah mencapai 32 persen yang terdiri dari tenaga kesehatan, pelayanan publik, masyarakat umum, kelompok rentan dan remaja.